Kompas.com - 29/03/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi minum kopi. PEXELS/BURSTIlustrasi minum kopi.

KOMPAS.com - Di masa pandemi, memastikan agar daya tahan tubuh tetap prima bisa menjadi salah satu prioritas utama.

Ketika daya tahan tubuh dalam kondisi fit, kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Kita juga tidak mudah terserang penyakit.

Agar sistem imun tubuh berfungsi dengan baik, kebutuhan gizi tubuh perlu dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi, beragam dan berimbang.

Selain itu, agar tubuh kita selalu fit, kita harus menghindari asupan makanan yang bisa membuat kita sakit. Yaitu makanan yang mengandung patogen atau racun kimia.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Mengonsumsi makanan yang mengandung komponen nongizi juga baik untuk imunitas tubuh. Bahkan bahan makanan ini bisa ditemui dengan mudah dan harganya relatif mudah.

1. Madu dan propolis

Khasiat madu dan propolis sudah menjadi rahasia umum. Menurut Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB University Prof. Ahmad Sulaeman, madu dan propolis memang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Madu dan propolis mengandung anti bakterial dan anti virus. Hal ini sudah terbukti untuk pencegahan dan pengobatan bagus," kata Prof. Ahmad Sulaeman seperti dikutip dari IPB TV, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

2. Buah Nanas

Ternyata buah Nanas juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Nanas memiliki kandungan bromelain yang bersifat antiiflamasi, sitokin dan sebagainya.

"Nanas juga mengandung serat dan vitamin C yang bisa bermanfaat sebagai antioksidan untuk
meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita," tandas Prof. Ahmad Sulaeman.

3. Kopi

Baca juga: Perusahan Kelapa Sawit Buka Lowongan Kerja bagi Fresh Graduate

Bagi penggemar kopi, hal ini bisa menjadi kabar baik buat kalian. Ternyata kopi bisa bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

"Kopi bisa meningkatkan kekebalan karena banyak mengandung komponen non gizi yang sifatnya antioksidan dan antiinflamasi. Cukup 1-3 gelas saja sehari," ungkap Prof. Ahmad.

4. Teh hijau

Teh hijau juga sangat baik untuk kesehatan. Prof. Ahmad mengungkapkan, dalam teh hijau mengandung katekin,katekolamin dan tanin yang bersifat antioksidan.

Baca juga: Paragon Buka 6 Lowongan Kerja Lulusan S1, Terbuka untuk Fresh Graduate

Kopi dan teh hijau, lanjut Prof. Ahmad, juga bisa membuat relaks atau santai dan mengurangi stres. Sekarang muncul istilah food for mood.

"Karena stres bisa meningkatkan oksidasi dan menurunkan kekebalan tubuh," tandas Prof. Ahmad.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X