Kompas.com - 29/03/2021, 09:40 WIB
Sekolah Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) . Dok. Poltek SSNSekolah Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) .

KOMPAS.com - Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dimulai April hingga Juni 2021. Merangkum Kompas.tv, ada tiga kategori rekrutmen yang dibuka, yakni Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Rekrutmen ASN diawali melalui seleksi sekolah pendidikan kedinasan yang akan dibuka pada April 2021. Kemudian rekrutmen untuk PPPK guru akan dilaksanakan pada Mei-Juni 2021. Sedangkan untuk rekrutmen CPNS dan PPPK non-guru juga akan dilaksanakan pada Mei-Juni 2021.

Sama seperti tahun sebelumnya pelaksanaan rekrutmen ASN 2021 juga akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Untuk mendukung kelancaran seleksi ASN 2021, BKN telah melakukan peningkatan fitur pada portal SSCASN.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Kebutuhan formasi ASN 2021

Mengutip Kompas.com, Jumat (26/3/2021) kebutuhan ASN pada 2021 sebanyak 1.275.387 orang. Dari jumlah tersebut, kebutuhan ASN terdiri dari Instansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 orang Instansi di daerah sebanyak 1.191.718 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terpisah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menambahkan, seleksi ASN pada tahun ini akan difokuskan untuk mengisi kebutuhan tenaga teknis.

"Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PANRB, agar memperbanyak tenaga teknis yang bisa langsung terjun ke masyarakat dalam rangka mengurangi ASN yang melaksanakan tugas administrasi," sambung Tjahjo.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

Berikut alokasi formasi yang paling dibutuhkan pemerintah pusat, provinsi, dan daerah:

1. Pemerintah pusat

Formasi dengan alokasi terbanyak untuk pemerintah pusat terdiri dari Jabatan dosen, Penjaga tahanan, Penyuluh keluarga berencana, Analisis perkara peradilan, Pemeriksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X