Kompas.com - 28/03/2021, 20:18 WIB
Program Belajar dari Rumah bakal hadir di TV Edukasi Kemendikbud mulai 1 April 2021. DOK.Laman KemendikbudProgram Belajar dari Rumah bakal hadir di TV Edukasi Kemendikbud mulai 1 April 2021.
|

KOMPAS.com - Terhitung mulai 1 April 2021, Program Belajar dari Rumah (BDR) jenjang PAUD dan SD akan ditayangkan di TV Edukasi Kemendikbud.

Adapun peralihan medium penayangan program BDR tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala sejak penayangan di awal masa pandemi dan yang terakhir pada Februari 2021.

Hasil evaluasi terkini didapatkan melalui metode survei dan diskusi kelompok terpusat dilakukan terhadap lebih dari 6.200 pemangku kepentingan, termasuk yang berdomisili di daerah tertinggal.

Baca juga: Beredar Surat Pemanggilan CPNS 2019, Kemendikbud Pastikan Itu Hoaks

"Dalam perjalanannya, program BDR tidak dapat dilepaskan dari perkembangan situasi pandemi," ujar Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Hendarman dikutip dari laman Kemendikbud, Minggu (28/3/2021).

Evaluasi terus dilakukan

Menurutnya, evaluasi terus dilakukan secara berkala terhadap program BDR di TVRI dan menjadi acuan penentuan kebijakan penayangan.

Dijelaskan, hasil evaluasi secara umum responden dan informan menganggap konten dan cara penyajian program BDR sudah relevan dan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar responden juga menganggap program BDR membantu guru menambah wawasan dalam mengajar dan membantu siswa memahami materi belajar.

Hanya saja, jika sebelumnya pemangku kepentingan menyaksikan tayangan televisi (TV), sekarang cenderung beralih ke media sosial dan platform digital.

Selain itu, ada kebijakan pendukung dari Kemendikbud seperti bantuan kuota data internet tahun 2020 dan 2021, serta alternatif sumber pembelajaran lainnya sehingga penayangan pembelajaran melalui TV kurang diminati.

Hadir di TV Edukasi

Untuk itu, program BDR akan ditayangkan pada 1 April - 30 Juni 2021, melalui:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X