Kompas.com - 27/03/2021, 13:26 WIB
Rizqi Nabila Ramadhani m3njadi mahasiswi termuda FK Unair yang berusia 15 tahun 8 bulan. DOK.UnairRizqi Nabila Ramadhani m3njadi mahasiswi termuda FK Unair yang berusia 15 tahun 8 bulan.

KOMPAS.com - Ada yang menarik, dari sosok Rizqi Nabila Ramadhani. Dengan usianya yang masih muda yakni 15 tahun 8 bulan, ia berhasil masuk program studi (prodi) prestisius di Universitas Airlangga (Unair).

Rizqi Nabila, berhasil diterima di Fakultas Kedokteran (FK) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Apa ya, resep Rizqi Nabila bisa masuk FK Unair di usia yang muda? Padahal, sesuai usianya seharusnya masih duduk di bangku kelas akhir SMP atau awal masuk SMA.

Mungkin, belajar dan bekerja dari hati kalimat yang tepat untuk menggambarkan perjalanan dan capaian gemilang Rizqi Nabila Ramadhani. 

Baca juga: 4 Siswa Lolos SNMPTN 2021 Unair Berusia di Bawah 16 Tahun

Siswa asal Ponorogo tersebut hanya butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikan studi jenjang SD hingga SMA.

Nabila sendiri memang mengikuti program akselerasi sejak bersekolah di MTsN 2 Ponorogo serta program kelompok belajar cepat (KBC) di almamaternya SMAN 1 Ponorogo.

Dengan begitu, ia hanya memerlukan waktu masing-masing dua tahun untuk menuntaskan masa SMP dan SMA-nya.

Nabila menceritakan capaian tersebut diraih bukan berarti tanpa perjuangan. Nabila harus mengikuti les di dua bimbingan belajar serta les privat di rumahnya usai pulang sekolah.

Beberapa siswa mungkin akan menganggap rutinitas tersebut sangat berat. Namun tidak halnya dengan peraih ranking paralel 1 di SMAN 1 Ponorogo tersebut.

"Waktu masuk program akselerasi, saya dituntut untuk belajar cepat. Harus greget dan mau belajar sendiri. Kelihatannya memang berat, tapi saya malah tertarik untuk memperjuangkan itu. Saya ingin sukses di usia muda," cerita Nabila mengutip dari laman resmi unair.ac.id.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X