Kompas.com - 25/03/2021, 16:10 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

KOMPAS.com - Rencana pembelajaran tatap muka di awal tahun ajaran baru 2021 semakin diseriusi beberapa kampus.

Salah satunya, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berencana membuka kegiatan pembelajaran tatap muka secara terbatas pada pembukaan tahun ajaran baru Agustus mendatang.

Namun, kegiatan belajar di kampus secara tatap muka dilakukan dengan cata terbatas. Hanya mahasiswa yang berasal dari sekitar DIY dan Jawa Tengah saja yang boleh mengikuti perkuliahan di kampus.

Hal ini untuk meminimalisir dan mengontrol angka Covid yang hingga saat ini masih terus menunjukkan angka yang cukup tinggi. 

Baca juga: KIP Kuliah 2021 Bisa untuk Kampus Swasta, Cek Daftar PTS dan Prodi

Meski diperbolehkan, UGM tetap meminta para mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka meminta restu atau izin dari orang tua masing-masing mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso mengatakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara tatap muka akan mempertimbangkan kondisi jumlah kasus Covid-19 pasca hari raya besar lebaran.

Apabila sebaran jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kondusif atau bisa tertangani dengan baik maka akan dilaksanakan di bulan Agustus.

Namun, jika jumlah kasus positif Covid-19 meningkat maka pelaksanaan kegiatan kuliah tatap muka akan diundur pada bulan Oktober atau November. “Kita siapkan dua skenario,“ kata Djagal dilansir dari laman ugm.ac.id.

Baca juga: BUMN Bank BRI Buka Beasiswa Penuh untuk Mahasiswa S1

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka, pihak UGM mensyaratkan beberapa hal.

Salah satunya, meminta mahasiswa membawa surat persetujuan dari orang tua atau wali si mahasiswa bagi mahasiswa yang berdomisili di sekitar DIY dan Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X