Kompas.com - 23/03/2021, 17:16 WIB

Oleh | Redaksi m&c

KOMPAS.com - Menu nasi goreng (nasgor) menjadi makanan wajib tersedia di warung kaki lima hingga hotel berbintang.

Dari abad 16 hingga era milenial, nasi goreng selalu bisa berjodoh untuk lidah semua kalangan. Ada seorang penulis yang terinspirasi dengan keberadaan nasi goreng. Dia adalah Kang Harnaz yang menulis buku 'Nasgor – Makanan Sejuta Mamat'.

Dalam buku ini, jangan berharap ada kumpulan resep berbagai nasi goreng di buku ini.

Buku karya Kang Harnaz ini lebih mirip buku cerita yang menyimpan banyak cerita seru tentang nasgor.

Orang awam mungkin akan bertanya-tanya, “Mana ada cerita yang menarik dari sepiring nasi cokelat pekat yang sering dihiasi telur mata sapi itu?”

Baca juga: Buku 365 Aktivitas, Isi Kegiatan Anak di Rumah dengan Menyenangkan

Kisah nasi goreng di sejumlah negara

Pertanyaan itu bahkan sudah akan terjawab di Bab 1 yang bercerita tentang sejarah nasgor di Nusantara yang ternyata tercatat di Serat Centhini. Sebuah literatur Jawa yang naskah aslinya ditulis pada 1711.

Cerita ini seolah jadi jawaban atas perdebatan soal pemilik sah nasgor yang selama ini diperebutkan oleh Indonesia dan Tiongkok.

Belum selesai, cerita akan terus mengalir sampai ke Negeri Kincir Angin di mana para gerepartrierden (keturunan Belanda yang “dipaksa” pergi dari Indonesia setelah era kemerdekaan) meratapi kerinduannya terhadap sepiring nasi goreng dengan telur mata sapi, kerupuk, sambal, dan segelas bir.

Seperti yang tergambar dalam lagu “Geef mij maar Nasi Goreng” karya salah seorang gerepartrierden yang lahir di Surabaya bernama Wieteke van Dort.

Baca juga: Seri Keluarga Super Irit: Belajar Hemat dan Life Hack dari Buku Ini

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.