Seberapa Gigih Mahasiswa di Indonesia? Ini Kata Survei!

Kompas.com - 22/03/2021, 20:33 WIB
Seberapa Gigih Mahasiswa di Indonesia Growth CenterSeberapa Gigih Mahasiswa di Indonesia

Oleh: Arki Sudito dan Alistair Tody*

KOMPAS.com - Growth Center dan Klob.id berkolaborasi untuk meneliti empat tipologi grit pada mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia.

Apakah mayoritas dari mereka merupakan tipe Achiever—tekun dan tidak mudah menyerah, tipe Planner—kurang tekun bila dibandingkan si Achiever, tipe Executor—tekun namun masih membutuhkan bimbingan untuk menetapkan sasaran, atau tipe Pivoter—yang cepat kehilangan semangat dan membutuhkan dukungan orang lain untuk tetap fokus?

Secara sederhana, grit atau kegigihan adalah ketahanan dan keuletan seseorang dalam menghadapi serta mengatasi kesulitan hidup dan kemampuan bangkit dari kegagalan.

Angela Duckworth, profesor psikologi di University of Pennsylvania yang meneliti tentang grit, menyebutkan seseorang dengan kegigihan tinggi akan bekerja keras dan tetap berkomitmen mengejar tujuan dan minat jangka panjang.

Duckworth mengidentifikasi dua dimensi dalam grit yaitu The Power of Passion dan The Power of Perseverance. The Power of Passion adalah kemampuan untuk mempertahankan minat pada satu tujuan.

Sedangkan The Power of Perseverance adalah bagaimana individu tetap berjuang untuk mencapai tujuan jangka panjang apapun tantangan atau hambatan yang dihadapi.

Lalu, bagaimana grit atau kegigihan mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia?

Pada Maret 2020 sampai dengan Desember 2020, penelitian dilakukan dengan melibatkan 10.000 mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia.

Tingkatan grit seseorang dilihat dari bagaimana konsistensi dalam mempertahankan tujuan jangka panjang dan bagaimana ketekunan untuk mempertahankan segala upaya dalam mencapai tujuan tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X