Kompas.com - 19/03/2021, 14:19 WIB
Ilustrasi guru mengajar di kelas. (Kompas.com/Kontributor Nunukan, Sukoco) Ilustrasi guru mengajar di kelas.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut sebanyak 27.303 guru honorer agama akan ikut seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun ini.

Angka itu didapat setelah melalui serangkaian rapat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya.

Baca juga: Kemendikbud Tindak Tegas Oknum Calo Seleksi Guru PPPK

"Rapat terakhir, sudah ditentukan kuota PPPK untuk formasi guru honorer agama sebanyak 27.303," ucap Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag Rohmat Mulyana melansir laman Kemenag, Jumat (19/3/2021).

Dia mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang telah mengalokasikan sebanyak itu khusus guru honorer agama.

Karena, sebelumnya tidak ada alokasi PPPK untuk guru honorer agama.

"Meski ini tentu belum mengakomodasi semua kebutuhan," jelas dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rohmat, 27.303 guru honorer agama yang akan ikut seleksi PPPK tersebut sudah terdata dalam sistem Dapodik Kemendikbud.

"Saat ini, Kemenag akan mempersiapkan soal ujian untuk seleksi calon PPPK. Ini masih kita upayakan bersama," sebut dia.

Ke depan, bilang dia, Kemenag akan terus memperjuangkan, agar guru honorer agama bisa memperoleh kuota PPPK di seleksi yang selanjutnya.

Bantu nasib guru honorer

Sekretaris Jenderal Kemenag, Nizar telah mengatakan, Kemenag berkomitmen untuk membantu nasib sekitar 120.000 guru honorer agama agar bisa menjadi PPPK.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X