Kompas.com - 19/03/2021, 10:28 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Data UNICEF tahun 2016 menunjukkan, 8 dari 10 remaja berusia 18 tahun percaya bahwa anak muda rentan mengalami pelecehan seksual.

Beranjak dari permasalahan tersebut, Tim Bramunastya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan sebuah inovasi berupa 3D modeled game untuk meningkatkan kesadaran anak sekolah dasar (SD) akan pentingnya edukasi seksual.

Baca juga: Mendikbud Lindungi Siswi dan Mahasiswi dari Kekerasan Seksual

Mereka yang mengembangkan adalah Aqilla Suci Fattimatuz Haya, Muhammad Adrian Fadhilah, Rendy Ichsan Hanif, Rizki Amrizal, dan Hammam Dyahurrahman Yusdin.

Kelima orang itu membidani lahirnya Sex Education Game (XEGA), julukan permainan inovatif ini.

Lima mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS ini mengembangkan permainan mereka dengan memanfaatkan Microsoft Kodu Game Lab sebagai basis pengembangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu anggota tim, Aqilla Suci Fattimatuz Haya menjelaskan alasan mereka memilih mengembangkan permainan model tiga dimensi (3D).

Karena, selama ini media yang menyediakan layanan serupa, umumnya dari segi grafis masih menggunakan dua dimensi dan text oriented.

"Dari survey yang kita lakukan, 68 persen dari seluruh responden percaya bahwa game lebih dipilih oleh anak-anak dari pada video atau teks," kata dia melansir laman ITS, Jumat (19/3/2021).

Menariknya, permainan ini gratis dan bisa diakses oleh siapa saja.

Cara memainkan

Untuk memainkannya, hanya diperlukan laptop atau komputer serta Microsoft Kodu Game Lab yang sudah terinstall di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X