Kompas.com - 18/03/2021, 10:23 WIB
KIP Kuliah SBMPTN 2021 Dok. KemendikbudKIP Kuliah SBMPTN 2021

KOMPAS.com - Bagi pemegang Kartu KIP Kuliah yang tengah mendaftar Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, jika mendapatkan masalah saat mendaftar, jangan khawatir dulu.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merangkum beberapa kendala dan mencoba mengatasi masalah para calon peserta.

Khususnya yang mengalami masalah nomor tidak muncul dan keluar slip pembayaran saat melakukan pendaftaran.

Jika mengalami masalah tersebut, peserta diimbau untuk tidak melakukan pembayaran dan menghentikan proses pendaftaran. Segera laporkan masalah tersebut melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

"Segera laporkan ke Puslapdik melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Kemudian login untuk mendaftar dan pastikan nomor pendaftaran KIP Kuliah sudah muncul," tulis pengumuman di akun Instagram LTMPT, Rabu (17/3/2021).

Setelah melakukan pelaporan, pendaftar dapat kembali login untuk melanjutkan pendaftaran dan pastikan nomor pendaftaran KIP Kuliah muncul.

Apabila sudah telanjur membayar uang pendaftaran, tidak bisa dikembalikan. Namun, status sebagai Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah masih tetap berlaku.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN 2021 Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

"Jika siswa terlanjur membayar biaya pendaftaran, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun," tulis LTMPT dalam akun Instagram-nya.

Jika siswa mengalami kendala, LTMPT menyarankan agar siswa Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud, https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Syarat KIP Kuliah

Tidak semua calon mahasiswa bisa mendapatkan bantuan pemerintah yang satu ini. Ada sejumlah syarat atau kriteria agar seseorang bisa menerima KIP Kuliah. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X