Kompas.com - 15/03/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi guru, Hari Guru Nasional ShutterstockIlustrasi guru, Hari Guru Nasional
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku akan menindak tegas oknum yang menjalankan praktik calo dalam seleksi program guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Akan kami tindak oknum calo dalam seleksi guru PPPK," ucap Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril dalam keterangan resminya, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Kemendikbud: Seleksi PPPK Dimulai Agustus 2021

Saat ini, kata dia, Kemendibud sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan investigasi praktik calo program guru PPPK.

Iwan berharap kepada masyarakat yang mengetahui informasi tentang praktik calo guru PPPK dapat melaporkan ke laman resmi Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud, yakni http://ult.kemdikbud.go.id atau https://kemdikbud.lapor.go.id.

Iwan menegaskan praktik calo seleksi guru PPPK sangat melanggar hukum.

Hal itu juga bukan tindakan terpuji di tengah upaya pemerintah melaksanakan tata kelola seleksi dengan jujur dan transparan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya merasa prihatin dengan peredaran informasi calo dan uang pelicin yang meresahkan guru honorer ini," jelas dia.

Iwan mewakili Kemendikbud mengimbau kepada guru honorer dan lainnya yang menjadi calon peserta seleksi PPPK, agar tidak terbujuk modus-modus penipuan semacam ini.

Karena, modus semacam ini akan merugikan calon peserta sendiri.

Baca juga: Mendikbud: Seleksi Guru PPPK Dilakukan Secara Online

Mendikbud Nadiem Makarim pernah menyatakan sebelumnya, seleksi guru PPPK tetap harus melalui proses seleksi berdasarkan amanah undang-undang dan demi menjaga kualitas guru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X