Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Santri Berprestasi di 21 Perguruan Tinggi, Cek Daftarnya

Kompas.com - 15/03/2021, 07:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para santri yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, ada baiknya mencoba pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Beasiswa bagi para santri ini, direncanakan Kementrian Agama (Kemenag) akan dibuka pada pertengahan Maret 2021. Ada 21 pilihan Perguruan Tinggi yang akan menjadi mitra Kemenag dalam PBSB.

"Pendaftaran PBSB tahun 2021 segera dibuka. Kami sedang siapkan perangkatnya, para santri agar terus update informasi resmi seputar PBSB," tegas Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Waryono Abdul Ghofur dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

PBSB sendiri sudah dijalankan sejak tahun 2004 dan mendapat sambutan yang positif. Bahkan melalui program ini, sudah ada ribuan sarjana santri yang telah lulus.

Baca juga: Kemenag Buka Seleksi Mahasiswa S1 ke Timur Tengah Bulan April 2021

PBSB sendiri merupakan salah satu bentuk afirmasi negara bagi para santri agar dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Melalui PBSB, santri diharapkan mampu merespon tantangan zaman dan mentransformasikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dalam konteks kekinian.

Menurut Waryono, ada dua aspek kemampuan yang menjadi fokus PBSB saat ini. Pertama, pemahaman dan penguasaan terhadap aspek ilmu agama (tafaqquh fiddin) yang menjadi core business Pesantren.

"Termasuk di dalamnya, kemampuan menentukan maslahat kemanusiaan (tafaqquh fii mashalihil khalqi), terlebih di kala pandemi melanda," terangnya.

Kedua, PBSB tidak hanya memberikan ruang pengkajian keilmuan keislaman saja. "Tetapi juga kajian keilmuan lainnya sebagai instrumen akademik dan metodologis untuk mentransformasikan agama sehingga lebih kontekstual," lanjutnya.

Baca juga: Kemenag: Ini 3 Syarat Seleksi Beasiswa Timur Tengah

Untuk itt, Direktorat PD Pontren terus berusaha melakukan optimalisasi pilihan program studi. Hal itu dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah serta pemberdayaan masarakat.

Serta upaya mewujudkan kemandirian pesantren dan mempercepat pembangunan nasional. "Harapannya, santri lulusan PBSB akan lebih responsif dan mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan aktual," ujarnya.

Daftar perguruan tinggi, prodi dan kuota

Berikut ini daftar pilihan perguruan tinggi dan kuota untuk setiap jurusan atau Program Studi (Prodi) Program Sarjana (S1) dalam seleksi PBSB tahun 2021:

1. UIN Alauddin, Makassar

  • Fakultas Ilmu Kesehatan, Prodi Kesehatan Masyarakat (kuota 10 santri)

2. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

  • Fakultas Ekonomi, Prodi Perbankan Syariah (kuota 10 santri)

3. UIN Sunan Ampel Surabaya

  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (Kuota 10 santri)

4. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com