Kompas.com - 12/03/2021, 08:58 WIB
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Cek Tagihan BPJS Kesehatan
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi selama setahun ini tentu menjadi masalah serius bersama. Bahkan pemerintah terus berupaya agar pandemi bisa cepat teratasi.

Karena Covid-19 berdampak luas di segala sektor, bagaimana dengan BPJS Kesehatan? Bagaimana kondisi terkini, prospek dan tantangan ke depannya?

Terkait hal itu, Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Klinis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan kuliah umum.

Kuliah umum bertajuk "Perjalanan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Semesta dengan JKN: Lesson Learnt, Kondisi Terkini, Prospek, dan Tantangan ke Depan" digelar secara daring melalui Zoom, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Apa itu Love Scam dan Upaya Pencegahannya? Begini Kata Dosen UGM

Adapun narasumbernya ialah Direktur Utama BPJS Kesehatan yang belum lama dilantik yakni Prof. dr. Ali Ghufron Mukti M.Sc., Ph.D.

Menurut Kaprodi Magister Ilmu Kedokteran Klinis FK-KMK UGM, Retno Sutomo, Sp.A(K), Ph.D., kuliah umum ini adalah agenda rutin tiap semester.

Bekali mahasiswa calon dokter

Tentu tujuannya untuk membekali mahasiswa baru dengan isi yang sifatnya makro yang bisa bermanfaat untuk mahasiswa minat utama MS-PPDS, sehingga isu mengenai BPJS ini menjadi hal yang penting.

"Karena mau tidak mau seorang dokter akan berkaitan dengan BPJS Kesehatan," ungkap dr. Retno seperti dikutip dari laman fk.ugm.ac.id.

Dalam paparannya, Prof. Ali Ghufron menjelaskan, selama perjalanan JKN sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, jumlah peserta JKN sebanyak 222,4 juta jiwa dengan mayoritas peserta adalah penerima bantuan iuran.

"Jumlah kunjungan terus meningkat setiap tahunnya, namun terjadi penurunan jumlah kunjungan di tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X