Kompas.com - 10/03/2021, 15:21 WIB
Cover buku Protokol Destinasi DOK. Elex Media KomputindoCover buku Protokol Destinasi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

Penulis: Eko Nugroho | Editor: Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Tahun 2021 adalah tahun penuh harapan dalam upaya pemulihan pariwisata global, terlihat dari pasca ditemukannya vaksin Covid 19.

Negara-negara yang pendapatannya bergantung dari sektor pariwisata mulai mengeluarkan kebijakan yang memberikan kelonggaran bagi para wisatawan untuk melakukan perjalanan di dalam negeri atau ke luar negeri.

Baca juga: Taipan The Winner Takes It All, Kupas Elit Keuangan Jadi Pemenang

Beberapa negara seperti Estonia, Islandia, Siprus, Seychelles, Rumania telah membuka pintu bagi wisatawan yang telah divaksin untuk berlibur ke negaranya tanpa karantina.

Singapura pun, yang oleh Konsorsium perusahaan investasi internasional, Deep Knowledge Group ditempatkan sebagai negara ke-4 paling aman dari pandemi Covid-19.

Singapura terus melakukan terobosan kebijakan di dalam mempercepat pemulihan pariwisatanya melalui Singapore Tourism Board (STB).

Bagaimana dengan Indonesia? Pemerintah Indonesia dapat menjadikan negara-negara di atas sebagai referensi dalam upaya mempercepat pemulihan sektor Parekraf (Pariwisata dan Industri Kreatif) secara nasional.

Saat ini, pemerintah memiliki 25 program yang sebagian sedang dipercepat pelaksanaannya sebagai langkah nyata dalam menjawab tantangan pandemi.

Beberapa program tersebut di antaranya adalah prioritas pemberian vaksin pelaku pariwisata, memberikan visa jangka panjang untuk wisatawan mancanegara hingga memberikan dana hibah pariwisata yang penggunaannya makin diperluas.

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Wisata Gunakan GeNose C19

Salah satu strategi utama pembukaan aktivitas pariwisata di Indonesia selama masa pandemi ini adalah dengan menerapkan Protokol Industri Pariwisata, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X