Kompas.com - 10/03/2021, 14:18 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 tinggal menghitung hari. Karena pendaftaran SBMPTN di tahun ini akan dibuka pada 15 Maret - 1 April 2021.

Biasanya, SBMPTN diikuti oleh banyak mahasiswa yang tidak lolos di jalur SNMPTN.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dipahami Bila Mengulang UTBK-SBMPTN 2021

Tak kalah pentingnya, SBMPTN juga memiliki tingkat ketetatan yang tinggi setiap tahunnya, dibanding dengan SNMPTN maupun di jalur mandiri yang dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Di konferensi akhir tahun lalu, Ketua Majelis Rektor PTN Jamal Wiwoho menyampaikan SBMPTN 2020 diikuti oleh 702.420 siswa.

Tapi yang lolos hanya 167.653 siswa atau sekitar 23,87 persen dari total keseluruhan yang ikut SBMPTN 2020.

Oleh karena itu, dia mengaku, untuk bisa lolos seleksi masuk PTN, perlu persiapan yang matang. Baik lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri tiap PTN.

Jamal mengaku, banyak calon siswa yang gagal masuk PTN bukan karena kurang pintar. Tapi, strategi yang dijalankan dalam memilih program studi (prodi) kurang tepat.

Lanjut Jamal menyebutkan, siswa yang ingin lolos PTN juga harus jeli mengenali kemampuan diri dan membandingkannya dengan prodi dan perguruan tinggi yang dipilih.

Nah apabila kamu ingin mengikuti SBMPTN 2021, setidaknya harus melihat rekam jejak prodi yang paling diminati di SBMPTN 2020.

Baca juga: Siswa Ingin Ikut UTBK-SBMPTN 2021? Catat Jadwal Pelaksanaannya

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Rabu (10/3/2021) memberitahukan ada 10 Prodi Saintek dan Soshum yang paling diminati di SBMPTN 2020.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.