Kompas.com - 10/03/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi bendera AS. SHUTTERSTOCKIlustrasi bendera AS.

KOMPAS.com - Ada sejumlah alasan mengapa cukup banyak pelajar internasional memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Negara maju yang satu ini memiliki sistem pendidikan tinggi berkualitas yang masuk dalam peringat atas lembaga pemeringkatan universitas dunia.

Tujuh dari 10 universitas top di dunia berada di Amerika Serikat, tercatat dalam data menurut Times Higher Education dan menjadi alasan banyak pelajar kuliah di negara ini.

Selain itu, kuliah di Amerika Serikat juga membuka kesempatan untuk membangun perjalanan karier, karena ada banyak perusahaan besar yang berlokasi di negara ini.

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 di Amerika Serikat, Senilai Rp 115 Juta Per Tahun

Hampir 5 persen dari jumlah siswa yang terdaftar dalam institusi pendidikan tinggi di negara tersebut adalah mahasiswa internasional. Faktanya, ada lebih dari 4,700 universitas di Amerika yang memberikan program terkemuka dalam berbagai bidang.

Dalam webinar bertajuk "Study in the US" yang diselenggarakan Universitas Airlangga Global Engagement (AGE), Ambarizky Trinugraheni (Ambar) selaku adviser di Education USA Surabaya menjelaskan bahwa setidaknya terdapat lima langkah yang perlu dilakukan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat.

1. Melakukan riset

Riset perlu dilakukan untuk mendapatkan universitas yang sesuai dengan calon mahasiswa.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Calon mahasiswa perlu memastikan bahwa universitas yang akan dipilih memang memiliki program yang sesuai bagi mereka atau apakah universitas atau program yang dipilih menyediakan beasiswa jika calon mahasiswa membutuhkan bantuan finansial.

“Langkah pertama adalah langkah yang paling penting jika ingin apply studi di Universitas di Amerika Serikat,” ucap alumni Arizona University seperti dilansir dari laman Unair News.

2. Perencanaan keuangan untuk studi

Langkah selanjutnya adalah merencanakan keuangan untuk studi.
Apakah dengan dana pribadi, perlu beasiswa, bantuan dana dari tempat bekerja atau dari pemerintah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X