Kompas.com - 09/03/2021, 15:08 WIB
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berhasil mendapatkan medali emas dalam kejuaraan inovasi dan penelitian start up yang diselenggarakan di Turki.
Tangkap layar Instagram untirta_officialMahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berhasil mendapatkan medali emas dalam kejuaraan inovasi dan penelitian start up yang diselenggarakan di Turki.

KOMPAS.com - Meski ada pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat generasi muda untuk terus berprestasi. Berbagai ajang kompetensi pun tetap bisa dilakukan secara daring.

Dengan kecanggihan teknologi, memudahkan mahasiswa untuk mengikuti lomba atau kompetisi di tingkat internasional sekalipun.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berhasil mendapatkan medali emas dalam kejuaraan inovasi dan penelitian start up yang diselenggarakan di Turki.

Ketiga mahasiswa Fakultas Teknik ini adalah Rizka, Khoirunnisa,dan Berliana. Mereka melakukan penelitian tentang limbah kulit ikan Nila.

Baca juga: Mahasiswa UMM: Makan Dua Buah Kiwi Bantu Atasi Insomnia

Teliti limbah kulit ikan Nila

Rizka mengatakan, karya ilmiah dikirimkan dalam lomba tersebut berjudul “Pro-Colation” (Propolis Collagen Hand and Body Lotion) Innovation Of Collagen Based Lotion Products As An Effort To Use Hundreds Of Waste Of Black Nile Tilapia Fish Skin.

Karya ilmiah itu berisi tentang pemanfaatan limbah kulit ikan Nila menjadi sebuah kolagen untuk meregenerasi sel kulit mati, melembutkan dan melembabkan.

Bahkan limbah kulit ikan Nila ini juga bisa bermanfaat sebagai anti aging dengan dicampurkan dengan hand and body lotion dari bahan alami. Khususnya untuk meremajakan kulit tangan dan kaki.

"Kami tahu informasi tentang kejuaraan ini dari Instagram. Kemudian memutuskan untuk mengikuti kejuaraan tersebut,” ujar Rizka seperti dikutip dari laman untirta.ac.id, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Mahasiswa, Manfaatkan 8 Kegiatan Pembelajaran Kampus Merdeka

Rizka menerangkan, karya ilmiah ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari karya ilmiah yang pernah dikembangkan sebelumnya.

Tahapan selama kompetisi

Menurut Rizkia, dalam mengikuti kejuaraan 1 Idea 1 World Turkey Competition ada beberapa tahap yang harus dilewati.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X