Kompas.com - 08/03/2021, 18:30 WIB
Pasien di Puskesmas Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, menunggu dipanggil untuk berobat, Jumat (3/2/2017). Nursita SariPasien di Puskesmas Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, menunggu dipanggil untuk berobat, Jumat (3/2/2017).

KOMPAS.com - Semenjak ada pandemi Covid-19, ada perubahan di semua sektor kehidupan manusia. Dengan anjuran dari pemerintah untuk tetap berada di rumah saja ini juga berakibat pada beberapa hal.

Selain pusat perbelanjaan dan mal yang mungkin ada penurunan pengunjung, fasilitas kesehatan (faskes) juga mengalami hal serupa.

Namun para pengelola pusat perbelanjaan, mal dan faskes tentu telah mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan bagi para pengunjung.

Diharapkan dengan sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan bisa menepis rasa khawatir pengunjung.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

Kunjungan ke faskes menurun selama pandemi

Dosen S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta, Imram Radne Rimba Putri mengatakan, pandemi Covid-19 mengakibatkan tingkat kunjungan di fasilitas kesehatan (faskes) mengalami penurunan cukup drastis.

Salah satu faktor karena muncul kekhawatiran serta kecemasan di masyarakat untuk berobat ke faskes selama pandemi. Hingga adanya imbauan pemerintah untuk lebih banyak tinggal di rumah mengakibatkan kunjungan ke fasilitas kesehatan mengalami penurunan.

Hasil survei cepat yang dilakukan MarkPlus, Inc, menunjukkan bahwa 71,8 persen responden mengaku tidak pernah mengunjungi rumah sakit ataupun klinik sejak adanya Covid-19.

Sedangkan sebanyak 64,5 persen responden lebih memilih memulihkan kesehatannya secara mandiri dengan beristirahat dan konsumsi makanan sehat.

"Mereka menghindari rumah sakit karena dinilai sebagai tempat yang memiliki potensi penyebaran Covid-19," kata Imram Radne Rimba Putri dalam Webinar Edukasi Covid-19 'Tetap Aman Berkunjung ke Fasilitas Kesehatan di Era Pandemi Covid-19', Senin (8/3/2021).

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

Masyarakat khawatir saat berkunjung ke faskes

Menurutnya, kasus Covid-19 di Indonesia yang terus bertambah sampai saat ini memicu berbagai ketakutan bagi masyarakat yang hendak berobat ke rumah sakit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X