Kompas.com - 08/03/2021, 13:33 WIB
Kampus ITB. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus ITB.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Reini Wirahadikusumah menyambut baik rilis pemeringkatan universitas terbaik dalam QS World University Rankings (WUR) 2021.

Alhasil, menempatkan ITB dalam perguruan tinggi terbaik di Indonesia di peta peringkat Asia.

Baca juga: UGM Peringkat 4 Terbaik di Asia Tenggara Versi QS WUR by Subject 2021

"Pertama saya mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia, bahwa perguruan-perguruan tinggi yang ada di negara kita telah menunjukkan daya saing yang relatif unggul," ucap dia melansir laman resmi ITB, Senin (8/3/2021).

Dalam peringkat itu, kata dia, tiga perguruan tinggi di Indonesia termasuk dalam 100 Besar di Asia, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan ITB.

Selain itu terdapat peringkat perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia yang lain, seperti Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

"Ada juga Binus University, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Brawijaya di 10 Besar peringkat di Indonesia," sebutnya.

Dia mengaku, peringkat QS WUR terbaru ini, posisi ITB dan beberapa perguruan tinggi lain di Indonesia berada di posisi lebih baik, walaupun tidak berada di nomor satu.

"Itu dibanding peringkat 2020, tiga kampus dengan skor dan peringkat tertinggi di Indonesia alami peningkatan. ITB naik 18 peringkat dunia, dari 331 menjadi 313," ungkapnya.

10 bidang peringkat teratas

Dari peringkat pemberian QS WUR, ITB menempatkan 10 bidang pada peringkat teratas.

Setidaknya ada 9 bidang ditambah dengan program studi Teknik Kimia yang masuk dalam 10 bidang peringkat teratas.

Baca juga: ITB: 2.742 Mahasiswa Peroleh Keringanan UKT

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X