Kompas.com - 08/03/2021, 12:24 WIB
Romy Hikmatulloh kreator tiktok dengan konten sejarah Dok.tangkapan layar Instagram Ditjen DiktiRomy Hikmatulloh kreator tiktok dengan konten sejarah

KOMPAS.com - Cara unik yang dilakukan mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia (UI), Romy Hikmatulloh di TikTok bisa saja menjadi inspirasi.

Melalui aplikasi TikTok, Romy ingin para penikmat TikTok khusus anak zaman now agar lebih melek sejarah. Dilansir dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, (Ditjen Dikti) @ditjen.dikti, ia rajin membagikan konten terkait materi sejarah.

Dalam kontennya di akun TikTok @imorhamki, Romy kerap membagikan beragam fakta sejarah. Terutama sejarah Indonesia, mulai dari Nusantara sampai dengan era kemerdekaan.

Caranya mengunggah materi pun menarik. Tak cuma menampilkan video berisi gambar-gambar zaman dulu, Romy juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami bagi semua orang.

Baca juga: Ini Dia, Sosok Dosen TikTok yang Menang di Ajang TikTok Awards 2020

Tujuannya adalah agar masyarakat, khususnya pelajar lebih peduli dan memiliki pemahaman yang lebih luas tentang sejarah Indonesia.

"Tujuannya membantu menyebarkan informasi kesejarahan, khususnya pelajar agar mereka aware sama sejarah bangsanya sendiri," ujar Romy.

Semua konten yang diunggah Romy merupakan apa yang ia pelajari selama perkuliahan. Salah satu konten Romy yang paling banyak dilihat adalah terkait sejarah kemerdekaan Indonesia yang membutuhkan pengakuan dunia (de jure).

Ia pun menjelaskan, untuk mendapatkan pengakuan itu Indonesia ada peran seorang diplomat andal, yakni Sutan Sjahrir.

Selain sejarah Indonesia, Romy juga membuat konten sejarah dunia. Baik sejarah Perang Dunia hingga sejarah yang berkaitan dengan budaya.

Baca juga: Cerita Eli, Anak Petani Tembakau Asal Jember yang Berhasil Jadi Dokter

Misalnya, siapa sosok Dewa Anubis yang dipuja Bangsa Mesir. Atau fakta sejarah dibalik pemicu Perang Dunia I yang dilatar belakangi terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Austria.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X