Kompas.com - 07/03/2021, 10:17 WIB
Logo Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok. Universitas Padjadjaran (Unpad)Logo Universitas Padjadjaran (Unpad).

KOMPAS.com - Tahun ini, 23 bidang ilmu di Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk ke dalam daftar yang dinilai oleh QS World University Rankings by Subject 2021.

Berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi dunia di bidang keilmuan, Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny menjelaskan, bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada 2020, jumlah bidang ilmu di Unpad yang dinilai oleh QS sebanyak 13 bidang. "Ini salah satu poin positif bahwa terjadi peningkatan performa yang tergambarkan melalui pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2021," kata Ronny.

Tahun ini ada 10 bidang ilmu yang masuk penilaian, yaitu natural science, chemistry, geology, geophysics, development studies, education, law, dentistry, life sciences and medicine, serta computer science and information systems.

Ronny menjelaskan, ada 4 parameter penilaian pada QS World University Rankings by Subject. Empat parameter tersebut antara lain:

1. Reputasi akademik

2. Reputasi pegawai

3. H-indeks

4. Jumlah sitasi

Antara bidang ilmu sosial dan bidang ilmu sains memiliki persentase parameter yang berbeda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X