Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 10:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini, 23 bidang ilmu di Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk ke dalam daftar yang dinilai oleh QS World University Rankings by Subject 2021.

Berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi dunia di bidang keilmuan, Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny menjelaskan, bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada 2020, jumlah bidang ilmu di Unpad yang dinilai oleh QS sebanyak 13 bidang. "Ini salah satu poin positif bahwa terjadi peningkatan performa yang tergambarkan melalui pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2021," kata Ronny.

Tahun ini ada 10 bidang ilmu yang masuk penilaian, yaitu natural science, chemistry, geology, geophysics, development studies, education, law, dentistry, life sciences and medicine, serta computer science and information systems.

Ronny menjelaskan, ada 4 parameter penilaian pada QS World University Rankings by Subject. Empat parameter tersebut antara lain:

1. Reputasi akademik

2. Reputasi pegawai

3. H-indeks

4. Jumlah sitasi

Antara bidang ilmu sosial dan bidang ilmu sains memiliki persentase parameter yang berbeda.

Salah satu keunggulan Unpad terlihat dari performa skor di bidang ilmu yang masuk penilaian. Ia mengatakan, performa penilaian pada bidang ilmu sosial terjadi meningkat.

Baca juga: Dua Bidang Ilmu UB Masuk Peringkat QS WUR by Subject 2021

"Peningkatannya tidak terlihat signifikan, tetapi terlihat ada progres peningkatan yang cukup baik," kata Ronny.

Dari 23 bidang ilmu yang dinilai, Rony mengatakan bidang ilmu medicine atau kedokteran kembali masuk pemeringkatan. Tahun ini, bidang ilmu kedokteran masuk peringkat 600–650 dan menduduki peringkat 4 nasional.

Ronny menjelaskan, peringkat ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu, yaitu masuk peringkat 550–600 dan peringkat 3 nasional. Menurut Ronny, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya pergeseran peringkat tersebut.

Jika dilihat, terjadi penurunan tren pemeringkatan secara global yang salah satunya disebabkan oleh parameter reputasi akademik. Hal ini menjadi salah satu faktor peringkat bidang ilmu kedokteran Unpad juga ikut turun.

Selain itu, tahun ini ada bidang ilmu baru yang dilakukan penilaian, yaitu life sciences and medicine. "Hal ini menyebabkan ‘suara’ di bidang kedokteran menjadi terpisah, sehingga berpengaruh ke pemeringkatan," imbuhnya.

Lebih lanjut Ronny menjelaskan, pemeringkatan QS World University Rankings by Subject merupakan refleksi dari performa kinerja dari setiap bidang ilmu.

Peningkatan performa bidang ilmu bukan semata mengejar akreditasi. Akan tetapi, bidang ilmu juga perlu mengejar rekognisi independen di tingkat internasional.

"Idealnya apa yang ada di Unpad bisa diukur, dengan parameter pembanding yang solid," pungkas Ronny.

Baca juga: 4 Kampus Terbaik Indonesia Bidang Engineering-Technology QS WUR 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com