Kompas.com - 06/03/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi minum air putih ThinkstockphotosIlustrasi minum air putih
|

KOMPAS.com - Dalam tubuh manusia, air memiliki peranan sangat penting. Para ahli pun menganjurkan agar banyak minum air putih untuk menjaga tubuh selalu bugar.

Namun sayangnya kebiasaan baik ini belum dilakukan semua orang. Terlebih dari kalangan anak-anak.

Dalam hal ini Satuan Pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) punya peranan penting. Yakni membiasakan agar anak-anak banyak minum air putih karena hal ini bagus untuk kesehatan mereka.

Berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition, kondisi saat ini menunjukkan jika 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum. Ironisnya lebih dari 30 persen yang dikonsumsi bukanlah air putih.

Baca juga: Tips Bacakan Buku Anak Sesuai Usia Mereka

Porsi ideal minum air putih

Padahal dalam mengonsumsi air putih, ada porsi ideal yang dikategorikan berdasarkan usia anak.

1. Anak pra sekolah (usia 4–6 tahun) membutuhkan 1,2 liter air per hari atau setara dengan 5 hingga 6 gelas.

2. Anak usia 7–9 tahun membutuhkan sekitar 1,5 liter air atau setara 6 hingga 7 gelas setiap hari.

Baca juga: Pandemi dan Sederet Dampak Negatif bagi Anak Menurut Guru Besar Unpad

Ketua Umum Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Prof. Netti Herawati menerangkan, dengan adanya kegiatan edukasi untuk mengonsumsi air putih yang diikuti tenaga pendidik dan peserta didik lembaga PAUD diharapkan akan menumbuhkan kesadaran mereka.

"Implementasi mendidik anak mengonsumsi air putih oleh lembaga PAUD dalam mengajarkan kebiasaan minum air pada anak sangat penting," terang Prof. Netti seperti dikutip dari laman anggunpaud.kemdikbud.go.id, Sabtu (6/3/2021).

Peran penting PAUD tumbuhkan kebiasaan minum air putih

Prof. Netti Herawati menerangkan, Lembaga pendidikan seperti PAUD memiliki peran penting untuk memberikan arahan dan jejak ingatan positif terhadap kebiasaan minum air sebelum, selama, dan sesudah beraktivitas fisik, sejak dini.

Baca juga: Kenalkan Konsep Ekonomi pada Anak dengan 5 Permainan Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X