Kompas.com - 06/03/2021, 07:23 WIB
Suasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKSuasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019)

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings telah merilis daftar perguruan tinggi yang dianggap paling unggul berdasarkan kelompok bidang ilmu (by subject).

Untuk edisi 2021 ini, Universitas Brawijaya (UB) masuk peringkat pada dua bidang ilmu. Yaitu bidang Agriculture and Forestry berada pada peringkat 301-350 dan Business and Management Studies pada peringkat 501-550.

Baca juga: 4 Kampus Terbaik Indonesia Bidang Engineering-Technology QS WUR 2021

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang paling banyak menarik minat lulusan SMA di setiap tahun, capaian ini menunjukkan bagaimana UB dapat mempertahankan kualitas agar tetap dan terus sejajar dengan perguruan tinggi top di seluruh dunia.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Aulanni’am menyampaikan rasa syukur atas peningkatan capaian ini.

Ia memberikan apresiasi atas seluruh upaya yang telah dilakukan seluruh sivitas akademika UB.

Baca juga: UGM Peringkat 4 Terbaik di Asia Tenggara Versi QS WUR by Subject 2021

"Masuknya dua bidang tersebut pada QS WUR by Subject bisa kita lihat sebagai keterwakilan bidang sains dan sosial humaniora. Saya kira itu cukup baik dan dapat mendorong bidang-bidang lain di UB untuk bisa masuk dan berperan menjadi bagian dari top university," kata Aulanni’am dilansir dari laman UB.

Profesor ke-7 di FMIPA ini mengatakan, tercapainya dua bidang tersebut tidak hanya merupakan kontribusi aktivitas program studi pada satu atau dua fakultas saja, tapi bisa juga dari program studi pada disiplin ilmu lainnya.

QS World University Ranking by Subject melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan indikator reputasi akademik, employer, sitasi per paper, dan h-indeks sesuai bidang ilmu (subject).

Baca juga: 20 Peringkat Kampus Terbaik Jawa Timur Versi Webometrics

Reputasi akademik dan reputasi employer dinilai berdasarkan survei, sedangkan sitasi dan h-indeks diperoleh dari Scopus khusus pada jurnal-jurnal bereputasi berdasarkan data lima tahun terakhir.

Tahun lalu, UB masuk dalam peringkat 300 besar dunia, atau berada di 301-350 dunia, dan ketiga di Indonesia pada subyek agriculture dan forestry versi QS World.

Pemeringkatan versi QS World tahun 2020 terdapat 48 subjek, dan UB berhasil masuk ranking global 301-350 bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) di subjek agriculture and forestry.

Sementara, universitas lain yang juga masuk pada subyek itu adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) di ranking global 51-100 dan Universitas Gajah Mada (UGM) di ranking global 151-200.

Peringkat berdasarkan subyek tersebut  pada tahun lalu merupakan yang pertama kalinya diraih UB dan dinilai berdasarkan reputasi akademik, employer, sitasi, dan indeks.

Subyek Pertanian dan Foresty UB meraih poin 55.1 untuk parameter reputasi akademik, 65.9 untuk parameter reputasi staff, 44.2 untuk parameter sitasi, dan 55.3 untuk parameter indek.

Baca juga: Mau Kuliah di Jawa Timur? Ini 20 Kampus Terbaik Versi UniRank



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X