Kompas.com - 05/03/2021, 16:41 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Kemendikbud Wikan Sakarinto dalam acara peluncuran PKK dan PKW. Webinar KemendikbudDirektur Jenderal Pendidikan Kemendikbud Wikan Sakarinto dalam acara peluncuran PKK dan PKW.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) meluncurkan bantuan pemerintah di program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Program ini dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud. Program ini ditujukan untuk siswa vokasi.

Baca juga: Belum Pernah Dapat, Ini Cara Daftar Baru Kuota Gratis Kemendikbud

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto mengatakan, program PKK dan PKW adalah salah satu program prioritas Ditjen Diksi yang diciptakan untuk mendukung prioritas Presiden Jokowi dalam visi pembangunan manusia.

Dan sesuai arahan Presiden Jokowi, kata dia, tidak hanya sekolah formal, pendidikan vokasi pada sekolah non-formal yang menjadi fokus pada program ini pun harus bersinergi secara erat dengan industri dan dunia kerja.

"Termasuk di dalamnya peningkatan kerja sama dengan UMKM maupun industri besar," kata Wikan secara daring, Jumat (5/3/2021).

Wikan menyebutkan, program ini ditujukan bagi warga masyarakat Indonesia berusia 17 – 25 tahun untuk program PKK. Sedangkan program PKW diarahkan ke usia 15-25 tahun.

Wikan menegaskan, bagi siswa vokasi yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam petunjuk teknis (juknis), maka bisa mengajukan untuk mengikuti program PKK dan PKW.

"Petunjuk teknis program PKK dan PKW dan pengajuan proposal dapat diakses secara daring pada http://kursus.kemdikbud.go.id," sebut dia.

Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud, Wartanto menerangkan, program PKK dan PKW ini telah berjalan sejak 2020.

Hal ini demi mengembangkan keterampilan kerja dan kemampuan wirausaha siswa vokasi.

Baca juga: Jumlah Anggaran Turun, Subsidi Kuota Gratis Kemendikbud Menipis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X