Kompas.com - 05/03/2021, 09:43 WIB
Ilustrasi penelitian kata kunci Shutterstock.comIlustrasi penelitian kata kunci

KOMPAS.com - Sebagai seorang mahasiswa, membuat tugas atau karya ilmiah tentu sudah biasa dilakukan. Dalam membuat karya ilmiah, selain mengandalkan perpustakaan, terkadang kita juga membutuhkan referensi lain di internet.

Namun saat mengambil referensi dari jurnal lain, terutama jurnal internasional, kita tidak boleh mengambil dari sembarang sumber.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (iteba.ac.id), untuk mendapatkan referensi atau tambahan materi, biasanya mahasiswa menggunakan jurnal-jurnal mutakhir. Belakangan ini, jurnal internasional sering kali dijadikan acuan.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik lainnya, seperti skripsi, kedudukan jurnal lebih bergengsi. Jurnal kini lebih banyak digunakan sebagai tulisan ilmiah oleh para dosen dan peneliti.

Bahkan para dosen pun kini juga menganjurkan mahasiswanya untuk mencari referensi di jurnal Internasional.

Ada beberapa rekomendasi situs jurnal Internasional terbaik yang bisa kalian akses untuk mencari referensi jurnal.

1. Microsoft Academic

Microsoft Academic menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Kalian dapat mengakses situs ini dan mengetik kata kunci yang ingin kamu cari. Sistem pencarian dalam situs ini juga dapat melakukan filter sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya, kalian mencari jurnal berdasarkan penulis, bisa klik “author” dan “date range” untuk menyaring tahun terbit jurnal.

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs yang berisi direktori jurnal dan artikel ilmiah dengan akses terbuka atau dengan kata lain, open access.

Situs ini dirilis pada tahun 2003. Sejak situs dirilis, telah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara. Tak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel pun telah tersimpan dalam situs ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X