Kompas.com - 05/03/2021, 08:48 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional. ShutterstockIlustrasi mahasiswa internasional.

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan di luar negeri tentu menjadi hal yang didambakan para mahasiswa. Tak hanya bisa menempuh pendidikan tapi saat berada di negara lain, kita juga bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari bahasa, budaya, tradisi di negara lain, kemandirian dan banyak manfaat lainnya.

Perguruan tinggi luar negeri yang menjadi favorit untuk menempuh pendidikan tinggi rata-rata berada di benua Eropa.

Untuk menambah wawasan para mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan Info Session dan Alumni Sharing dengan tema 'Study in Germany'.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Tipe pendidikan di Jerman

Program Officer Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Muji Rahayu mengungkapkan, kesempatan belajar dan meraih beasiswa untuk mengenyam pendidikan di Jerman.

Menurut Muji Rahayu, sistem pendidikan tinggi di Jerman memiliki tiga tipe pendidikan. Antara lain:

1. University. Tipe ini lebih berorientasi pada riset dan menawarkan berbagai macam program studi yang fokus pada penelitian, pengembangan teori, dan metodologi.

2. University of applied sciences. Mayoritas dan orientasi lebih pada praktik dan pembuatan atau pengelolaan aplikasi.

3. Colleges of arts and music. Tipe ini lebih fokus pada bidang seni.

Baca juga: Syarat Daftar S1 Universitas Pertahanan, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

“Pemerintah Jerman memberikan beasiswa untuk berkuliah di Jerman, salah satunya melalui lembaga DAAD,” terang Muji Rahayu seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/3/2021).

Muji mengatakan, jumlah mahasiswa penerima beasiswa DAAD selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan Indonesia termasuk 25 besar negara penyumbang mahasiswa asing di Jerman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X