Kompas.com - 05/03/2021, 08:30 WIB
ilustrasi ilmuwan membuat vaksin Shutterstockilustrasi ilmuwan membuat vaksin

KOMPAS.com - Bagi anak IPA, ada beberapa pelajaran yang memerlukan praktikum di laboratorium. Salah satu pelajaran yang membutuhkan praktikum yaitu pelajaran Kimia.

Dalam pelajaran Kimia, biasanya kita mempelajari ilmu dasar tentang materi pada skala atom dan molekuler. Ilmu Kimia juga mempelajari sistem periode unsur atau Tabel Periodik yang harus dihafalkan di luar kepala. 

Di jenjang perguruan tinggi, hal dasar yang dipelajari semasa SMA akan dikulik lebih dalam lagi. Jika kalian termasuk siswa yang tertarik memilih salah satu program studi (prodi) di Fakultas Fisika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ternyata memiliki prospek kerja yang menarik lho.

Baca juga: 6 Minggu Menuju UTBK-SBMPTN 2021, Yuk Ikut Try-Out Gratis Ini

Merangkum akun Instagram Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, ada beberapa prospek kerja bagi lulusan mahasiswa FMIPA. Baik di jenjang S1 maupun D3. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

Karier lulusan S-1 Kimia

Bagi mahasiswa lulusan S-1 Kimia ada beberapa pekerjaan yang bisa kalian tekuni. Antara lain:

1. Chemist atau ahli kimia

Ketika kalian menekuni profesi ini, kalian bisa menjadi seorang quality control atau assurance, penelitian dan pengembangan, formulator, health safety dan environtment. Atau di bidang industri baik di kimia, farmasi maupun pangan.

2. Akademisi

Dengan menjadi seorang akademisi, kalian bisa menjadi dosen atau guru Kimia

3. Tenaga ahli instansi pemerintahan

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X