Kompas.com - 04/03/2021, 19:05 WIB
Kuota Belajar Kemendikbud 2021 Dok. KemendikbudKuota Belajar Kemendikbud 2021

KOMPAS.com - Ada kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat terkait subsidi kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hoaks ini disebarkan dalam bentuk tautan atau link lewat aplikasi percakapan Whatsapp.

Beberapa waktu lalu, juga sempat ramai jika Kemendikbud memberikan subsidi pulsa Rp 200.000 dan kuota internet 75 GB untuk para guru, dosen, siswa dan mahasiswa.

Pesan tersebut pula menyertakan sebuah tautan yang diklaim sebagai cara untuk mendapatkan subsidi tersebut.

"Banyak terjadi misleading, atau data yang tidak benar terkait kuota ini. Saya sering mendapatkan forward, link untuk mendapat kuota di Whatsapp," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie, dilansir dari Bincang Sore: Kuota Data Internet 2021 di laman Youtube Kemendikbud, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Belum Dapat Kuota Gratis Kemendikbud? Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Dia meminta para siswa, guru, mahasiswa dan dosen tidak percaya dengan informasi tersebut. Satu-satunya informasi terkait penyaluran dan pendataan subsidi kuota itu hanya ada di laman Kemendikbud.

"Saya katakan semua link itu tidak benar. Jadi informasi resmi terkait aktivitas kuota data 2021 bisa diakses di kuota-belajar.kemdikbud.go.id," terangnya.

Selanjutnya, Hasan meminta para pendidik dan pelajar untuk menggunakan kuota yang diberikan dengan bijak. Subsidi kuota data internet harus dioptimalkan untuk proses pembelajaran.

Mendikbud Nadiem Makarim, sebelumnya mengatakan terus melanjutkan subsidi kuota internet di 2021. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan memperoleh volume kuota sebanyak 7 gigabyte (GB) per bulan.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

Siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebanyak 10 GB per bulan.

Sementara untuk guru PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X