Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laboratorium Kewirausahaan dan Filantropi Islam Uhamka Salurkan Beasiswa

Kompas.com - 03/03/2021, 12:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masa pandemi tidak saja membawa dampak pada metode pembelajaran namun juga tak jarang turut berpengaruh kepada kemampuan ekonomi mahasiswa dalam melanjutkan studi.

Menyadari hal ini Laboratorium Kewirausahaan dan Filantropi Islam (LKSFI) Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka (Uhamka) menyalurkan dana Beasiswa Al-Maun (BAM) semester ganjil 2020/2021.

Beasiswa Al-Maun merupakan program andalan LKSFI yang membantu mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi.

Beasiswa ini disalurkan setiap semester untuk mahasiwa FEB Uhamka dengan jumlah bantuan sebesar Rp 2 juta per orang.

Beta Perkasa, Direktur LKSFI FEB Uhamka bersyukur atas berlangsungnya penyaluran beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan.

Baca juga: Ringankan Beban Mahasiswa, Itenas Bandung Kembali Berikan Beasiswa dan Kuota Internet dengan Total Rp 3 Miliar

“Apalagi, yang paling dekat adalah mahasiswa yang membutuhkan beasiswa untuk keberlangsungan belajar,” ujar Beta melalui rilis resmi (2/3/2021).

Wakil Dekan I FEB Uhamka Sumardi memberikan apresiasi kepada LKSFI yang tetap menjalankan program beasiswa di tengah pandemi. “Justru di saat seperti ini orang malah cenderung untuk berderma,” ujar Sumardi.

Sumardi mengungkapkan, pihaknya akan terus mendorong pengurus LKSFI FEB Uhamka agar lebih gencar menggalang dana dari berbagai sumber untuk mendukung kegiatan filantropi di kampus.

Dalam acara penyerahan beasiswa (2/3/2021) yang digelar secara terbatas di kampus FEB Uhamka dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut, Dekan FEB Uhamka Zulpahmi memberikan apresiasi positif kepada LKSFI FEB Uhamka yang terus berusaha menebarkan kebaikan kepada mahasiswa membutuhkan, meskipun sedang berada di tengah pandemi ini.

Fahmil, mahasiswa FEB Uhamka Jurusan Ekonomi Islam penerima beasiswa mengungkapkan rasa bahagianya mendapat beasiswa melalui program Beasiswa Al-Maun (BAM) dari LKSFI ini.

Selain mengucapkan terima kasih kepada LKSFI FEB Uhamka, Fahmil menjelaskan beasiswa ini sangat membantunya dalam melanjutkan kuliah dalam kondisi yang sulit saat ini. “Terima kasih, saya senang karena beasiswa ini juga membantu meringankan beban orangtua,” ujarnya.

Hal senada disampaikan penerima beasiswa lainnya, Marinatus Syarifah, yang biasa dipanggil Ririn. Mahasiswi semester 5 Jurusan Manajemen ini mengaku sempat mengalami kesulitan dalam memenuhi biaya kuliah.

“Alhamdulillah, beasiswa ini sangat membantu sekali untuk kelangsungan studi saya,” ujarnya. Ririn juga mengatakan, beasiswa ini menjadi pemacu untuk dirinya belajar lebih giat lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com