Kompas.com - 02/03/2021, 22:59 WIB
Sigit Pramugiono (37) guru honorer SD Negeri 1 Karagreja, Purbalingga, Jawa Tengah mengunjungi satu-persatu rumah siswanya selama belajar di rumah akibat pandemi Covid-19, Kamis (30/4/2020). KOMPAS.COM/Dok. FHPTKSigit Pramugiono (37) guru honorer SD Negeri 1 Karagreja, Purbalingga, Jawa Tengah mengunjungi satu-persatu rumah siswanya selama belajar di rumah akibat pandemi Covid-19, Kamis (30/4/2020).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril menjelaskan, materi belajar daring yang akan diluncurkan Kemendibud berguna untuk guru honorer.

Hal itu agar guru honorer lebih siap menghadapi rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca juga: Nadiem Makarim: Seleksi Guru PPPK Tidak Berdasarkan Lama Mengajar

Maka dari itu, dia meminta seluruh guru honorer dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya.

"Saya optimistis, guru honorer lulus tes PPPK. Tidak ada kata sulit jika belajar dengan baik. Apalagi guru tidak boleh berhenti belajar. Menjadi guru adalah menjadi seorang pembelajar," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Dia menjelaskan, untuk persiapan seleksi, para guru honorer sebenarnya sudah bisa mulai belajar.

Yang terpenting saat ini adalah penguasaan mata pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya.

"Perkuat penguasaan konten yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang guru. Materi belajar dari Kemendikbud akan kuatkan guru honorer menjadi PPPK," ungkapnya.

Langkah Kemendikbud memberikan materi belajar daring kepada guru honorer disambut baik Sekretaris Forum Guru Independen Indonesia (FGII) Dewan Pimpinan Cabang Jakarta Barat, Esther Layas Sinuraya.

Dia menilai inisiatif ini menjadi kesempatan baik untuk meningkatkan kualitas guru secara nasional.

"Kemendikbud pun terus didorong menyempurnakan program guru PPPK sebagai upaya tepat memperbaiki tata kelola guru yang belum optimal," ungkap dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X