Kompas.com - 01/03/2021, 10:45 WIB
UMY menawarkan pembelajaran saat pandemi dengan meluncurkan radio suara edukasi di SD Muhammadiyah Penggung, Kokap, Kulon Progo, DIY. Dokumen UMYUMY menawarkan pembelajaran saat pandemi dengan meluncurkan radio suara edukasi di SD Muhammadiyah Penggung, Kokap, Kulon Progo, DIY.

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar mengajar di semua jenjang pendidikan dilakukan secara daring.

Sekolah-sekolah saat ini terpaksa melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah. Bahkan situasi seperti ini sudah berjalan hampir satu tahun. Tentunya kondisi ini mendatangkan tantangan serta kejenuhan baik bagi guru maupun siswa.

Meski bisa memanfaatkan teknologi yang ada, tapi hal ini juga terkendala belum meratanya jaringan internet di tiap daerah.

Baca juga: Saksikan, Pengumuman Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021 Siang Ini

Melihat kondisi ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mencoba menawarkan sebuah solusi.

Luncurkan radio suara edukasi

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) dibantu Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah Mengajar meluncurkan saluran dan juga studio Radio Suara Edukasi di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Penggung, Kokap, Kulonprogo, DIY.

Solusi ini dinilai terjangkau bagi semua kalangan masyarakat untuk mengatasi problema sekolah daring.

Baca juga: Ikut KKN, Mahasiswa UMY Lakukan Hal Ini pada Kelompok Tani Cokelat

"Solusi yang ditawarkan terbilang murah dan terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat khususnya Kulonprogo dengan Radio Suara Edukasi ini," terang Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Jangkauan internet belum merata

SD Penggung dipilih karena daerah sekitar SD Penggung belum terjangkau jaringan internet yang mumpuni. "Sehingga ini menjadi alternatif yang sangat bagus sebagai media pembelajaran di era sekarang (pandemi)," imbuh Gunawan.

Radio Suara Edukasi yang memiliki tagline Sekolah di Udara dapat diakses pada jaringan 107.8 Mhz.

Baca juga: Tetap Bertahan di Tengah Pandemi, UMY Adakan UMKM Expo Virtual

Sementara itu Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Penggung Ririn Agustian menambahkan, adanya program Radio Suara Edukasi ini menjadi angin segar bagi guru-guru SD Muhammadiyah Penggung. Karena bisa memberikan alternatif belajar yang baru bagi siswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X