Kompas.com - 01/03/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi daging sapi beku di dalam plastik. SHUTTERSTOCK/CREATIVA IMAGESIlustrasi daging sapi beku di dalam plastik.

KOMPAS.com - Susu dan daging menjadi bahan makanan yang bagus untuk dikonsumsi. Namun cara penyimpanan yang kurang bagus menyebabkan dua bahan makanan ini tak bisa bertahan lama.

Selain itu, saat membeli daging di pasar juga perlu berhati-hati agar tidak mendapat daging dengan kualitas yang kurang bagus. 

Sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa diamati dalam susu atau daging untuk memastikan makanan tersebut layak dikonsumsi atau tidak.

Baca juga: Bantu Petani Garam, Mahasiswa ITS Gagas Inovasi SHASA

Untuk membantu masyarakat membedakan susu dan daging yang masih bagus dikonsumsi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Masyarakat (BBM) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan penyuluhan cara membedakan daging dan susu yang masih segar.

Gunakan uji organoleptik

Mereka mengajak para peserta membedakan kualitas susu dan daging dengan cara uji organoleptik atau uji panca indra.

Uji organoleptik atau uji indra atau uji sensori merupakan cara pengujian dengan menggunakan indra manusia sebagai alat utama untuk pengukuran daya penerimaan terhadap produk.

Pengujian organoleptik mempunyai peranan penting dalam penerapan mutu. Pengujian organoleptik dapat memberikan indikasi kebusukan, kemunduran mutu dan kerusakan lainnya dari produk atau bahan makanan.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Ketua Kelompok KKN Flavia Domitilla Yunita Eka Perwitasari menjelaskan, mendeteksi kualitas susu dan daging dengan uji organoleptik dipilih karena cara tersebut lebih mudah untuk dipraktikkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Uji organoleptik ini memanfaatkan panca indra manusia seperti mata, hidung dan lain-lain sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengetahui apakah bahan pangan yang akan dikonsumsi masih segar atau tidak,” terang Flavia seperti dikutip dari laman unair.ac.id, Minggu (28/2/2021).

Bisa bedakan kualitas daging dan susu yang bagus

Flavia menerangkan, bahan pangan yang digunakan dalam penyuluhan uji organoleptik itu adalah daging dan susu. Pemilihan dua bahan makanan ini karena daging dan susu sering dikonsumsi masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X