Kompas.com - 01/03/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi


KOMPAS.com - Webometrics Ranking of World Universities telah merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang dinilai berdasarkan website masing-masing universitas di dunia.

Dari 31.000 kampus yang masuk dalam daftar tersebut, Di dalamnya banyak juga universitas dari Indonesia.

Pemeringkatan yang telah dilakukan sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Baca juga: UGM Raih Peringkat 1 Versi Webometrics

Dilansir dari situs resmi webometrics, terdapat sejumlah indikator dan metodologi untuk mendapatkan pemeringkatan tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

  • Visibilitas, yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih).
  • Aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.
  • Sementara, openness diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.
  • Adapun excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiiah karya civitas akademika universitas tersebut.

Dari ratusan kampus yang ada di Indonesia ada 20 kampus terbaik Jawa Timur yang bisa dijadikan pertimbangan bagi calon mahasiswa. Berikut daftarnya:

20 kampus terbaik Jawa Timur

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

2. Universitas Brawijaya

3. Universitas Airlangga

4. Universitas Jember

5. Universitas Negeri Malang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X