Kompas.com - 26/02/2021, 15:00 WIB
4 rektor dimoderatori rektor binus membagi pengalaman membuat kebijakan kampus selama pandemi. DOK.tangkapan layar webinar strategi pembelajaran daring di masa pandemi4 rektor dimoderatori rektor binus membagi pengalaman membuat kebijakan kampus selama pandemi.

KOMPAS.com - Hampir satu tahun, pandemi Covid-19 menyerang masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tidak cuma melumpuhkan kondisi fisik masyarakat, namun ekonomi dan pendidikan juga hampir lumpuh akibat pandemi.

Mencegah dampak besar dari pandemi, sejumlah rektor yang tergabung di Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) mencoba mengupas apa saja kiat para rektor terus melaksanakan kegiatan kampus di tengah pandemi.

Pasalnya, kegiatan kemahasiswaan dan para dosen sebetulnya tidak berkutat di proses mengajar dan belajar secara daring. Aktivitas keorganisasian, perlombaan, penelitian, juga bagian dari kegiatan kampus.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Pendaftaran S1, Bebas Biaya Pendidikan

Melalui webinar "Pendidikan Tinggi di Indonesia menghadapi Pandemi: Strategi Efektivitas Pembelajaran Daring" yang diselenggarakan Binus University, empat orang rektor menceritakan pengalamannya menyusun kebijakan selama pandemi.

Seperti yang pertama, Rektor Universitas Padjajaran Prof. Rina Indriastuti yang menyebut ada tiga tahap pembelajaran daring selama pandemi seperti berikut:

1. Pembelajaran daring dan riset selama pandemi yang dibuktikan dengan kegiatan mengajar dan pelaksanaan Kampus Merdeka yang aktif.

2. Pembelajaran daring selama pandemi melalui experience learning, menerapkan prokes di laboratorium dan hibah riset yang terus berlangsung.

3.Strategi pembelajaran hybrid setelah pandemi dengan terus mengupdate kurikulum, pembentukan karakter dan blended learning

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Sehingga, bisa tercipta Indikator mahasiswa agar senang melakukan pembelajaran jarak jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X