Kompas.com - 24/02/2021, 10:17 WIB
Samsung Innovation Campus (SIC) yang digelar secara virtual. DOK.SamsungSamsung Innovation Campus (SIC) yang digelar secara virtual.
|

KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia kembali menghadirkan program Samsung Innovation Campus (SIC). Adapun materinya masih sama, yakni belajar coding.

Sasaran dari Samsung ialah para guru. Dengan harapan nantinya bisa diteruskan atau diajarkan pada siswa vokasi agar menguasai programming sejak dini.

Menurut Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, SIC sudah dimulai sejak 2017 dengan sasaran guru di lebih dari 17 SMA dan SMK di Indonesia.

Adapun materinya:

  • Coding
  • Programming
  • AI (Artificial Intelligence)
  • IoT (Internet of Things)

Siapkan SDM berkualitas

Program ini berperan dalam mendukung era digital, dengan fokus mempersiapkan sumber daya manusia dan mengedepankan penyediaan infrastruktur bagi lingkungan pendidikan, agar tiap elemen di dalamnya mampu beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi.

"Kesuksesan pendidikan berbasis kompetensi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tentu berawal dari guru," ujar Ennita dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Siswa Asal Kota Ini Terbanyak Diterima di SNMPTN 2020

Namun hal ini tidak mudah, mengingat jumlah guru sekolah terampil di Indonesia hanya mencapai 35 persen. Belum lagi, teknologi dan mudahnya akses informasi di era digital berimbas pada keingintahuan siswa yang semakin beragam.

Ini juga menyebabkan siswa lebih kompetitif serta interogatif terhadap gurunya. Untuk itulah, guru perlu memiliki keseimbangan pengetahuan teoritis dan praktis yang baik hingga dapat memberikan landasan yang kokoh terhadap apa yang mereka ajarkan.

Peran guru penting bagi siswa

Di era digital, cloud computing, big data dan enkripsi pada beberapa sektor pasar kerja di masa depan, masih menjadi prioritas tertinggi menurut The Future of Jobs Report 2020 yang dirilis oleh World Economic Forum.

"Kompetensi guru di bidang teknologi kelak dapat membawa para siswa menjadi profesional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang ketat dan dinamis," jelas Ennita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X