Kompas.com - 21/02/2021, 16:37 WIB
Desain alat keselamatan kapal pesiar yang dibuat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tangkap layar laman ITSDesain alat keselamatan kapal pesiar yang dibuat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
|

KOMPAS.com - Kecelakaan kapal Titanic menjadi peristiwa yang menyedot perhatian dunia. Apalagi setelah kisah ini diangkat dalam sebuah film.

Seiring perkembangan jaman, teknologi dalam kapal pesiar tentu semakin canggih. Khususnya dalam menghadapi kondisi darurat.

Seperti desain alat keselamatan kapal pesiar yang dibuat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Inovasi mereka dalam hal keselamatan di kapal pesiar ini berhasil meraih juara 1 pada International Student Design Competition yang diselenggarakan Cruise Lines International Association (CLIA).

Para mahasiswa yang mendesain alat keselamatan kapal pesiar adalah Yohanes Pangestu Timur, Bima Surya Wicaksana, Kevin Rizqul Habib, dan Imam Anthony Muslim. Mereka merupakan mahasiswa dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan angkatan 2017.

Buat desain alat keselamatan kapal pesiar

Menurut Ketua Tim Yohanes Pangestu Timur, alat keselamatan kapal yang ada saat ini masih kurang efektif.

Baca juga: SNMPTN 2021, ITS Sediakan 1.194 Kuota Mahasiswa Baru

Selain itu, dibutuhkan banyak kru kapal dalam mengoperasikannya. Hal ini tentu saja membuat waktu evakuasi menjadi lebih lama.

"Apalagi dalam keadaan panik yang dialami penumpang dan kru kapal dapat membuat keadaan semakin buruk," kata Timur seperti dilansir di laman its.ac.id, Minggu (21/2/2021).

Berangkat dari permasalahan itu, tim ini membuat desain alat keselamatan kapal pesiar yang berbeda dari alat keselamatan kapal lainnya.

Hal ini dikarenakan alat keselamatan kapal buatan mereka dinilai dapat mempercepat waktu evakuasi. "Desain buatan kami lebih cepat dibanding dengan alat keselamatan kapal yang ada saat ini," ungkap Timur.

Dilengkapi fitur desain lifeboat

Timur menjelaskan, kecepatan waktu evakuasi yang dimiliki oleh alat keselamatan kapal ini disebabkan oleh adanya fitur utama seperti desain lifeboat dan liferaft.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X