Kompas.com - 20/02/2021, 11:41 WIB
Suasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (4/7/2018) KOMPAS.com / Andi HartikSuasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (4/7/2018)

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tak hanya membuat siswa bersaing kursi universitas saja. Namun juga program studi (prodi) favorit.

Dibuka hingga 24 Februari 2021, persaingan antar calon mahasiswa mendapatkan prodi impian terus meningkat.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur yang sering menjadi incaran calon mahasiswa adalah Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Tahun ini, UB total menerima sebanyak kurang lebih 17.691 mahasiswa. Untuk SNMPTN 2021, 4.470 calon mahasiswa berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Kepala Bagian (Kabag) Akademik UB Hery Prawoto menyebutkan masing-masing bidang memiliki program studi favorit dengan nilai keketatan yang tinggi pula.

"Untuk tahun ini karena proses seleksi masih berlangsung, kami belum bisa menentukan program studi mana yang bakal jadi favorit. Karena setiap tahunnya kadang berbeda," ujarnya.

Namun dari data Akademik UB mencatat di tahun 2020, dari seleksi SNMPTN Prodi Farmasi menjadi prodi favorit dalam bidang Sains dan Teknologi (Saintek).

Baca juga: SNMPTN 2021, Ini Daya Tampung 10 Prodi Soshum Terketat

Kala itu total mahasiwa yang mendaftar pada prodi yang masuk di Fakultas Kedokteran ini mencapai 1.278 siswa. Namun siswa yang diterima dalam jalur ini hanya 36 siswa saja. Maka untuk bisa masuk dalam prodi ini perbandingannya 1:36.

Sedangkan untuk bidang Sosial Humaniora (Soshum) Prodi Manajemen menduduki posisi pertama sebagai prodi favorit. Sebanyak 1.657 siswa mendaftar ke prodi ini melalui jalur SNMPTN, namun daya tampung yang diberikan hanya 96 mahasiswa saja.

Sedangkan untuk SBMPTN tahun lalu prodi Kedokteran dan Kewirausahaan menjadi prodi terfavorit dengan persaingan mencapai 1:20

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X