Fitur "Foto Soal", Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Kompas.com - 18/02/2021, 13:16 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah. Vivo IndonesiaIlustrasi belajar dari rumah.

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang telah berlangsung selama hampir 11 bulan kerap memberi tantangan bagi sebagian siswa. Salah satu mata pelajar yang menantang untuk dipelajari secara online ialah matematika.

Mengerjakan beragam jenis soal matematika tak jarang membuat siswa butuh bantuan untuk dapat memahami rumus dan akhirnya memecahkan soal tersebut.

Menyadari bahwa kehadiran "tutor" dapat membuat sesi belajar matematika menjadi lebih mudah, platform edukasi Zenius Education belum lama meluncurkan fitur di platform aplikasi mobile, yaitu ZenBot.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

"Kadang bingung mau nanya ke siapa waktu lagi belajar sendiri. Eits! Sekarang cari tahu pembahasan soal-soal matematika udah lebih gampang dengan fitur Foto Soal di aplikasi Zenius, lho! Cobain lewat aplikasi Zenius di HP kamu ya," tulis akun Instagram Zenius Education.

Selain pembahasan soal-soal, ZenBot atau fitur "Foto Soal" memungkinkan siswa untuk mendapatkan rekomendasi video dan pertanyaan latihan sesuai dengan gambar yang diambil melalui kamera di smartphone.

"Kami memahami siswa sudah cukup disibukkan dengan tugas sehari-hari dan persiapan mereka dalam menghadapi UTBK. Dengan fitur ini kami berharap bisa mempermudah mereka dalam mencari video atau penjelasan dari sebuah soal. Hal ini akan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih mendalam sehingga akan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya," papar CEO Zenius Rohan Monga dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2021, Ada 69 Prodi S1

Yuk, ikut try out UTBK-SBMPTN 2021 gratis

Selain menyediakan video pembelajaran yang dapat diakses gratis, dalam waktu dekat Zenius juga akan menggelar Grand Try Out (GTO) yang dibuka gratis untuk seluruh siswa K12 atau sederajat, baik untuk pengguna maupun non-pengguna.

Melalui GTO, siswa diajak untuk lebih memahami soal-soal dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Secara umum, jelas Monga, UTBK menguji keterampilan kognitif, penalaran kuantitatif, dan keterampilan berpikir kritis siswa.

"Artinya, pemahaman konseptual yang mendalam akan memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan keberhasilan siswa daripada hafalan. Oleh sebab itu, dari awal berdiri, Zenius lebih menitikberatkan pada pemahaman konseptual dan pemikiran kritis dari siswa," imbuh dia.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

GTO ini akan berlangsung selama 4 kali dalam satu bulan di setiap Sabtu. Disela penyelenggaraan try out tersebut, Zenius juga akan memberikan video-video pembahasan soal dan live class untuk membantu siswa untuk memahami soal-soal yang ada di GTO.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X