Kompas.com - 17/02/2021, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 telah dibuka sejak Senin 15 Februari pukul 15.00 WIB.

Peserta yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar melalui portal LTMPT portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman snmptn.ltmpt.ac.id. Pendaftaran SNMPTN ini sampai dibuka hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB mendatang.

Terkait proses pendaftaran SNMPTN 2021, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) Prof. Abdul Haris menerangkan, UI mengundang seluruh anak bangsa untuk berkompetisi melalui Seleksi Nasional maupun Seleksi Masuk (SIMAK) UI dan menikmati pendidikan di universitas riset terkemuka di Asia Tenggara yang inklusif dan modern.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Menurut Prof. Abdul, bagi calon mahasiswa yang ingin masuk UI pada jenjang Strata Satu (S1) Reguler, bisa melalui SNMPTN, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI.

Sedangkan untuk jenjang S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan Vokasi UI 2021 adalah melalui Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)/Talentscouting dan SIMAK UI.

UI siapkan kuota 20 persen untuk SNMPTN 2021

"Alokasi kuota penerimaan mahasiswa baru UI tahun 2021 untuk program pendidikan S1 Reguler sama dengan tahun 2020. Yaitu 20 persen SNMPTN, 30 persen SBMPTN dan 50 persen jalur mandiri yaitu SIMAK UI," kata Prof. Abdul seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2021, Ada 69 Prodi S1

Prof. Abdul menyampaikan, kuota penerimaan S1 Paralel adalah 50 persen (melalui PPKB UI) dan 50 persen (SIMAK UI).

Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional adalah 40 persen (melalui talentscouting) dan 60 persen lewat SIMAK UI, sedangkan Vokasi UI adalah 70 persen (melalui PPKB UI) dan 30 persen (SIMAK UI).

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Bagi peserta yang memilih dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di SNMPTN 2021 maka salah satu PTN pilihannya harus berada di wilayah yang sama dengan sekolah.

Baca juga: Mengenal Prodi Aktuaria, 10 Besar Jurusan dengan Nilai UTBK Tertinggi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.