Kompas.com - 17/02/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi kurma jenis Medjool. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKERIlustrasi kurma jenis Medjool.

KOMPAS.com - Menjaga stamina tubuh kini menjadi sebuah keharusan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Jika daya tahan tubuh tidak bagus dan tidak menerapkan protokol kesehatan, risiko terpapar virus bisa menjadi lebih besar.

Bagi sebagian orang, menjaga stamina tubuh bisa dengan mengonsumsi suplemen berenergi yang mengandung vitamin dan mineral. Namun, mengonsumsi suplemen berenergi terus menerus dan berlebihan juga dapat menimbulkan masalah baru karena efek dari sejumlah kafein dan gula yang dikandungnya. 

Terinpirasi dari suplemen berenergi yang biasa dikonsumsi masyarakat, tiga mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat alternatif minuman berenergi yang relatif lebih aman.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Kurma sebagai suplemen peningkat stamina

Minuman berenergi ini menggunakan bahan alami, yakni aer nabeez yang merupakan minuman hasil rendaman buah kurma (Phoenix Dactylifera L.).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Fina Indriyani prodi Pendidikan IPA, Ranum Wanudya Prodi Kimia dan Hendrianis Syafira Prodi Biologi. Mereka meneliti potensi buah kurma terutama infusa kurma sebagai suplemen peningkat stamina pada tubuh.

Fina Indriyani menerangkan, buah kurma memiliki banyak kandungan seperti zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Selain itu kurma mengandung protein, serat, glukosa, vitamin, biotin, niasin, dan asam folat,” papar Fina seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Fina menjelaskan, kurma punya banyak manfaat. Karena dalam buah kurma juga terdapat banyak kandungan kimia. Salah satunya adalah senyawa fenolik dan flavonoid. Kurma menjadi bahan pangan yang kaya akan zat gula, vitamin, mineral, dan serat.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

"Dalam beberapa varietasnya, kandungan zat gulanya dapat mencapai 88 persen dan 12 persen sisanya terdiri dari kandungan kimia lainnya seperti vitamin, mineral, serat dan lain-lain," kata Fina.

Nutrisi dalam kurma cukup banyak

Ranum Wanudya mengungkapkan, kandungan nutrisi yang dimiliki buah kurma cukup banyak dibanding dengan makanan sumber energi lainnya. Selain itu buah kurma kaya akan asam amino, asam lemak, berbagai mineral, vitamin dan serat makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X