Kompas.com - 16/02/2021, 17:41 WIB
Tangkapan layar dengan tulisan 'Mohon maaf Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silahkan mengikuti SBMPTN 2021' Tangkap layar pop up tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021Tangkapan layar dengan tulisan 'Mohon maaf Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silahkan mengikuti SBMPTN 2021'
|

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sudah dibuka sejak Senin (15/2/2021) kemarin. Namun baru-baru ini ada peserta SNMPTN 2021 mengalami kendala saat mendaftar di portal resmi LTMPT.

Bahkan tangkapan layar pop up bertulisan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021" ramai diperbincangkan di media sosial sejak Senin (15/2/2021) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menerangkan, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya pop up bertulisan "Anda Tidak Berhak Mengikuti SNMPTN 2021".

Baca juga: Intip Lagi, 20 Perguruan Tinggi Negeri Terfavorit Peserta SNMPTN 2020

Siswa tidak eligible

Salah satu penyebabnya, ada kemungkinan siswa yang bersangkutan tidak eligible hingga belum diisinya nilai siswa.

"Mungkin yang bersangkutan tidak eligible, karena mungkin akun LTMPT dia belum permanen, sekolah belum finalisasi data, dan kurikulum serta nilai siswa," ujar Nasih, Selasa (16/2/2021) pagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nasih mengungkapkan, selain status siswa yang tidak eligible, ada kemungkinan lain yang menyebabkan pop up tersebut muncul.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN Dibuka, UGM Siap Terima Lebih 2.000 Calon Mahasiswa

Nama dan alamat email berbeda

Yakni siswa menggunakan nama atau alamat email yang berbeda dengan yang terdaftar.

Disinggung apakah masih ada kesempatan bagi siswa tersebut untuk melakukan perubahan agar bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021, Nasih mengungkapkan, hal itu sudah tidak bisa dilakukan.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Widyobroto. Budi mengaku, siswa yang mendapatkan pemberitahuan tersebut artinya yang bersangkutan tidak eligible mendaftar SNMPTN. Sehingga, sudah tertutup peluang untuk mendaftar SNMPTN 2021.

"Sampai penutupan pendaftaran SNMPTN juga tetap tidak bisa daftar," ungkap Budi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.