Kompas.com - 16/02/2021, 16:05 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dibuka sejak Senin (15/2/2021). Bagi kamu yang akan memilih program studi (prodi) di Universitas Indonesia (UI), ada peluang dapatkan beasiswa dan keringanan biaya kuliah.

Di tahun ajaran 2021, kembali membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengajukan beasiswa dan penyesuaian uang kuliah sesuai dengan kemampuan finansial orangtua maupun wali.

Melansir Informasi Umum Program Sarjana dan Vokasi UI, mahasiswa yang diterima melalui Program Reguler S1 dapat mengajukan beasiswa dan skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

3 dari 10 mahasiswa UI dapatkan keringanan uang kuliah

BOPB merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan dalam rangka mewujudkan nilai-nilai UI.

BOPB dapat diajukan oleh mahasiswa baru program S1 Reguler yang lulus dari jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri S1 Reguler 2021.

Calon mahasiswa baru S1 Reguler dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan dengan melengkapi syarat yang telah ditentukan.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2021, Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Syarat dan ketentuan dapat dilihat di akun pengumuman seleksi calon mahasiswa baru. Ketetapan akhir biaya pendidikan diputuskan oleh UI berdasarkan berkas yang diajukan.

Setiap tahunnya, rata-rata sebanyak 30 persen dari jumlah mahasiswa baru mengajukan BOPB. Menariknya, 10 persen dari jumlah yang mengajukan tersebut mendapat kemudahan membayar biaya kuliah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.