Kompas.com - 15/02/2021, 16:28 WIB
Universitas Gadjah Mada taih peringkat ke-74 sebagai universitas terbaik di Asia versi Quacquarelli Symonds (QS). Humas UGMUniversitas Gadjah Mada taih peringkat ke-74 sebagai universitas terbaik di Asia versi Quacquarelli Symonds (QS).
|

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka mulai, Senin (15/2/2021). Para siswa yang telah memiliki akun LTMPT berbondong-bondong melakukan pendaftaran melalui laman portal ltmpt.ac.id.  

Dalam pelaksanaan SNMPTN tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menerima lebih dari 2.000 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN 2021.

Jumlah ini meliputi calon mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang pada tahun ini telah dapat diikuti melalui SNMPTN.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso Marseno menerangkan, untuk SNMPTN 2021 ada kuota 25 persen dari total daya tampung UGM.

UGM terima 2.000 calon mahasiswa di SNMPTN 2021

Pada SNMPTN 2021, setiap peserta dapat memilih satu program studi, atau dua program studi dengan catatan salah satu program studi berada pada perguruan tinggi sesuai daerah asal sekolah.

"Total keseluruhan dengan Sarjana Terapan kurang lebih untuk tahun ini ada 2.000," kata Prof. Djagal Wiseso dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Dalam SNMPTN kali ini, UGM menawarkan 90 program studi sarjana dan sarjana terapan pada tahun akademik 2021/2022 yang diselenggarakan oleh 18 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dibuka Siang Ini, Berikut 7 Cara Daftar SNMPTN 2021

Sementara itu Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof. Budi Widyobroto, dalam sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN beberapa waktu lalu mengungkapkan, setiap peserta harus mempertimbangkan baik-baik program studi yang akan dipilih.

Peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK, tes yang menjadi persyaratan SBMPTN 2021 dan juga seleksi mandiri di sejumlah perguruan tinggi.

"Kalau sudah diterima di SNMPTN 2021 tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN. Berarti tidak memiliki nilai UTBK. Padahal, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria," urai Prof. Budi.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X