Beri Banyak Manfaat, Ini 5 Alasan Penting Kelola Data Alumni Mahasiswa

Kompas.com - 15/02/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Selain menciptakan lulusan yang bagus, perguruan tinggi juga perlu memetakan para alumninya. Keberadaan alumni adalah bagian penting untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai alasan mengapa kampus perlu mengelola data alumni. Keberhasilan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja merupakan salah satu tolak ukur penilaian akreditasi. Alumni juga berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi.

Sehingga mengelola data alumni adalah komponen penting yang harus diperhatikan oleh perguruan tinggi. Dengan keberadaan alumni yang sudah banyak terserap di dunia kerja, mereka bisa berkontribusi untuk kemajuan perguruan tinggi.

Selain itu perguruan tinggi juga dapat memperoleh ilmu yang diberikan alumni kepada para mahasiswa yang masih aktif menempuh pendidikan di kampus.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Baca, Ini 4 Tips Mencari Judul Skripsi yang Menarik

Tak hanya itu, alumni juga dapat berbagi keterampilan atau soft skill kepada mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Dalam rilisnya kepada Kompas.com, Institut Teknologi Batam (Iteba), merangkum pentingnya pendataan alumni, dengan bantuan teknologi.

1. Mengetahui outcome pendidikan

Sebuah perguruan tinggi pastinya menghasilkan keluaran pendidikan yakni mahasiswa yang siap diserap dunia kerja.

Namun, hasil outcome tersebut bergantung pada proses pengolahan alumni saat masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Outcome dapat dilihat berdasarkan tujuan jangka pendek, mengengah, dan panjang.

Outcome jangka pendek berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan panduan akademik. Sementara itu, outcome jangka menengah juga berkaitan dengan kegiatan alumni saat masih aktif menjadi mahasiswa di kampus.

Tujuan jangka panjang berkaitan dengan perubahan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan alumni setelah lulus dari kampus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X