Kompas.com - 15/02/2021, 15:36 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - SMA Kolose Kanisius mengadakan kegiatan presentase karya tulis secara daring yang dilakukan oleh siswa kelas XII IPA dan IPS. Kegiatan ini dinamakan C-XLENCE.

Kepala Sekolah SMA Kolose Kanisius, Eduard C. Ratu Dopo mengatakan, dari hasil kegiatan ini diharapkan adanya kolaborasi bersama dari penelitian ilmiah yang mampu menjawab tantangan zaman.

Baca juga: Mau Jadi Kepala Sekolah, Mendikbud: Harus Jadi Guru Penggerak

"Lalu bisa menginspirasi Indonesia dalam menerapkan aktivitas ilmiah dan konsep Sains, Teknologi, Teknik, Bahasa, Seni, dan Matematika (STELAM) dalam kehidupan sehari-hari," kata dia kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Dia mengaku, kegiatan C-XLENCE sudah berjalan selama 6 tahun. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah "Voicing The Facts Amid The World Challenges".

Arti dari tema itu adalah menyuarakan fakta di tengah tantangan dunia yang dipenuhi berbagai fenomena kehidupan sosial masyarakat saat ini.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini siswa akan melakukan presentasi karya ilmiah/jurnal ilmiah yang telah dikerjakan oleh para siswa kelas XII selama satu semester.

Guru yang akan menilai

Nantinya presentasi yang dilakukan siswa akan diapresiasi oleh guru bahasa dan guru materi.

Itu, lanjut dia, dengan tujuan agar bisa melihat seberapa jauh proses penelitian yang siswa lakukan.

Baca juga: Mendikbud: Hak Siswa dan Guru Pakai Seragam Keagamaan di Sekolah

"Berdampak dalam kehidupan masyarakat hingga kesiapan mereka dalam mempertanggungjawabkan hasil penelitian kepada khalayak umum dan sivitas akademika SMA Kanisius Jakarta," sebut dia.

Selain presentasi karya tulis, akan ditampilkan juga pameran hasil karya secara online melalui aplikasi C-XLENCE yang wajib diunduh oleh seluruh peserta didik SMA Kanisius.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.