Kekuatan Pola Pikir, Fixed Mindset vs Growth Mindset

Kompas.com - 15/02/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Growt MindsetIlustrasi

Andrea Lusi Anari*

TAHUKAH kamu, kekuatan pola pikir dapat mengubah aspek psikologis, dan akhirnya mengubah hidup seseorang?

Hal tersebut diungkapkan Dr Carol S Dweck, profesor di bidang psikologi dari Stanford University. Ia menyatakan bahwa kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan bakat, tetapi juga oleh pola pikir kita.

Pola pikir atau mindset, menurut Dweck, adalah persepsi diri atau self-theory yang diyakini seseorang tentang dirinya sendiri.

Baca juga: Growth Mindset, Mengelola Tantangan Saat New Normal

Dalam bukunya yang berjudul Mindset: Changing the Way You Think to Fulfil Your Potential, Dweck menyatakan bahwa ada dua jenis mindset, yaitu: fixed mindset dan growth mindset. Lalu, bagaimana kedua jenis pola pikir tersebut memengaruhi cara seseorang menjalani hidup?

Fixed mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kualitas dasar diri, seperti intelegensi atau bakat, bersifat menetap.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang dengan fixed mindset percaya bahwa kemampuan untuk melakukan sesuatu dipengaruhi oleh faktor genetis atau bawaan. Mereka meyakini bahwa keterampilan dan keahlian bersifat terberi (given). Mereka juga menghargai hasil akhir yang bagus.

Sementara growth mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kemampuan dasar dapat dikembangkan melalui kerja keras dan dedikasi, intelegensi, dan bakat hanya merupakan modal awal saja.

Seseorang dengan pola pikir ini meyakini bahwa keterampilan dan keahlian merupakan sesuatu yang bisa dibangun dan dikembangkan. Mereka sangat menghargai perbaikan proses.

Alhasil, akan ada perbedaan reaksi antara orang dengan fixed mindset dan growth mindset ketika menghadapi tantangan dan kegagalan dalam situasi tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X