Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Turki Buka Program Beasiswa bagi S1, S2 dan S3

Kompas.com - 14/02/2021, 16:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kalian yang ingin merasakan pendidikan dengan kualitas internasional serta kekayaan pengetahuan dan pengalaman, Pemerintah Turki menawarkan beasiswa kepada siswa internasional dari seluruh dunia. Termasuk dari Indonesia.

Kandidat yang terpilih bisa berkesempatan belajar di universitas paling bergengsi di Turki.

Türkiye Scholarships ini merupakan program beasiswa kompetitif yang didanai pemerintah. Program ini diberikan kepada siswa dan peneliti berprestasi untuk mengejar program penuh waktu atau jangka pendek di universitas top di Turki.

Melansir laman turkiyeburslari.gov.tr, Türkiye Scholarships bertujuan membangun jaringan pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk memperkuat kerja sama antarnegara.

Baca juga: Kepala Desa Bisa Dapat Beasiswa S1 Lewat Skema Tiga Kementerian

Pendaftaran untuk mengikuti program beasiswa ini masih dibuka hingga 20 Februari 2021 mendatang.

Fasilitas yang diperoleh 

Aplikasi Türkiye Scholarships 2021 akan diterima dalam satu periode. Aplikasi akan dibuka hingga 20 Februari 2021 bagi siswa internasional dari semua negara.

Türkiye Scholarships ini unik karena tidak hanya mencakup dukungan keuangan saja, biaya sekolah, akomodasi dan asuransi kesehatan. Tetapi juga menyediakan penempatan universitas dan fasilitas akademik.

Sosial dan budaya kepada penerima beasiswa di semua tingkat pendidikan tinggi. Program beasiswa ini terbuka untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana

Baca juga: Bisa Pilih 7 Universitas di Jepang, Ajinomoto Buka Program Beasiswa S2

Cara mengikuti program beasiswa

  • Aplikasi untuk mengikuti program ini hanya dapat dilakukan secara individu melalui www.turkiyeburslari.gov.tr oleh para kandidat.
  • Selain itu, tidak ada institusi atau orang yang berwenang untuk mengajukan Türkiye Scholarships.
  • Pelamar diminta untuk menyerahkan dan mengunggah dokumen yang diperlukan ke sistem aplikasi.
  • Aplikasi yang dikirim melalui pos, kurir, atau dengan tangan tidak akan diterima.
  • Aplikasi tidak dipungut biaya.
  • Beasiswa Türkiye mencakup beasiswa dan penempatan universitas secara bersamaan. Pelamar akan ditempatkan di universitas dan program di antara 12 preferensi mereka yang mereka pilih dalam sistem aplikasi

Dokumen yang dibutuhkan

Semua kandidat harus menyerahkan sejumlah dokumen saat mendaftarkan melalui aplikasi online. Dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Dokumen Identifikasi Nasional yang valid atau Paspor yang valid.
  • Foto kandidat terbaru (Harap dicatat bahwa foto yang diunggah ke sistem aplikasi harus merupakan foto diri sendiri. Foto kandidat yang tidak dapat diidentifikasi akan merusak evaluasi aplikasi).
  • Nilai ujian nasional (wajib bagi kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional).
  • Ijazah atau sertifikat kelulusan sementara.
  • Transkrip akademik (tangkapan layar online dan transkrip yang tidak bersertifikat akan merusak evaluasi aplikasi calon kandidat).
  • Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS dan lain-lain. Jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih).
  • Skor tes bahasa (jika diminta oleh universitas & program yang dipilih).
  • Proposal penelitian dan contoh pekerjaan tertulis Anda (hanya untuk pelamar PhD).

Baca juga: British Council Buka Beasiswa S2 Penuh Bidang STEM untuk Perempuan

Informasi penting

1. Sebagian besar program di universitas Turki diinstruksikan dalam bahasa Turki. Namun, beberapa departemen dan universitas menawarkan program dalam bahasa Inggris atau bahasa lain.

2. Kandidat yang ingin belajar di program ini harus memiliki sertifikat bahasa yang diakui secara internasional untuk membuktikan kemahiran bahasa mereka (TOEFL dan sertifikat setara lainnya).

3. Sebagian besar program ini memerlukan nilai tes masuk internasional seperti GRE, GMAT, SAT, dan lain-lain. Kandidat dapat memeriksa bahasa pengantar saat memilih program dalam sistem aplikasi.

4. Kandidat sarjana yang memiliki kualifikasi Internasional seperti SAT atau GCSE dan bukan nilai ujian nasional, harus memberikan kualifikasi minimum yang diperlukan untuk menyelesaikan sekolah menengah menurut ujian internasional ini.

Baca juga: Beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa dari Kalbis Institute

5. Semua penerima Türkiye Scholarships yang tidak memiliki Sertifikat Tingkat C1 untuk Kemahiran Bahasa Turki (termasuk mereka yang ditempatkan dalam bahasa Inggris atau program pengajaran bahasa lain) harus mengikuti Kursus Persiapan Turki selama 1 tahun dan mendapatkan Sertifikat Tingkat C1 pada akhir masa akademik mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com