Kompas.com - 14/02/2021, 15:52 WIB

KOMPAS.com - Jika kamu ingin kuliah di luar negeri tetapi masih dalam kawasan Asia, mungkin dapat mempertimbangkan tawaran Beasiswa dari Taiwan.

Saat ini, ada skema Taiwan Scholarship Program yang ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan (MOE) yang setiap tahunnya kepada pelamar internasional.

Beasiswa tersebut dapat digunakan untuk pelamar yang ingin melanjutkan kuliah S1, S2, atau S3 pada perguruan tinggi yang ada di Taiwan.

Merangkum dari laman Instagram @tetotec_indonesia, beragam program studi ditawarkan cukup banyak. Misalnya, Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Ekonomi, Energi, Informatika, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen, dan Pariwisata. Namun sebelum memilih, perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

Cakupan beasiswa

Tunjangan biaya hidup senilai NT$ 15.000 atau sekitar Rp 7,4 juta per bulan untuk pelamar beasiswa S1. Untuk pelamar beasiswa S2 dan S3 mendapatkan biaya NT$ 20.000 atau sekitr Rp 9,9 juta per bulan.

Baca juga: Bisa Pilih 7 Universitas di Jepang, Ajinomoto Buka Program Beasiswa S2

Kementerian Pendidikan Taiwan akan memberikan subsidi biaya kuliah dan biaya akademik lainnya maksimal sebesar NT$ 40.000 atau sekitar Rp 19,9 juta per semester untuk masing-masing mahasiswa. Apabila biaya yang dibutuhkan melebihi Rp 19,9 juta, maka kelebihan biaya ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa.

Untuk biaya administrasi, biaya pembimbing skripsi/tesis/disertasi, premi asuransi, biaya akomodasi, biaya internet, dan biaya lainnya tidak ditanggung dalam beasiswa ini. Oleh karena itu pelamar dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk keperluan tersebut.

Durasi beasiswa

Untuk beasiswa Taiwan 2021 kepada S1 diberikan maksimal 4 tahun. Untuk program S2, mendapat jatah 2 tahun dan 4 tahun untuk program S3. Total durasi penerimaan beasiswa tidak boleh lebih dari 5 tahun.

Persyaratan

1. Merupakan pelamar internasional (termasuk Indonesia) dan tidak memegang kewarganegaraan Tiongkok atau Taiwan.

2. Untuk mendaftar program S1, pelamar telah menyelesaikan SMA/Sederajat, dan untuk program pascasarjana, pelamar telah menyelesaikan jenjang studi S1 atau S2.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.