Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Rasakan Kuliah 1 Semester di Amerika Serikat? Ini Caranya

Kompas.com - 10/02/2021, 17:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar bagus bagi kalian pemuda pemudi dari Sabang sampai Merauke, yang ingin merasakan satu semester mengikuti kuliah di luar negeri. Program pertukaran mahasiswa ini memberi kesempatan bagi mahasiswa S1 dari Indonesia untuk merasakan kuliah di Amerika Serikat selama satu semester.

Program Pertukaran Sarjana Global (Global UGRAD) memberikan beasiswa satu semester untuk studi akademis non-gelar di perguruan tinggi atau U.S. college.

Melansir laman aminef.or.id, semua peserta akan didaftarkan dalam kursus penuh waktu, non-gelar, sarjana yang dipilih dari kurikulum yang ada di institusi tuan rumah mereka.

Baca juga: Implementasi Kampus Merdeka, Untar Gelar Pertukaran Mahasiswa Nusantara 2020

Fasilitas bagi peserta yang lolos

Fasilitasnya antara lain perumahan kampus dengan teman-teman Amerika. Peserta juga akan diminta untuk berpartisipasi dalam 20 jam pelayanan masyarakat. Selain itu juga ada orientasi kedatangan virtual dan lokakarya akhir program secara langsung.

Manfaat hibah yang diberikan dalam program ini termasuk perjalanan internasional, uang sekolah, kamar dan pondokan, asuransi kecelakaan atau sakit, gaji bulanan, dan dana untuk buku.

Baca juga: Ingin Kuliah di Jepang? Mitsui Bussan Buka Beasiswa bagi Pelajar SMA

Persyaratan

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Mendaftar di program sarjana penuh waktu (S1/D4) di Indonesia. Setelah menyelesaikan minimal satu semester studi dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali dari mengikuti program ini.
  • Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berada di semester ketiga hingga semester kelima.
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui kerja akademis, keterlibatan komunitas, dan kegiatan ekstrakurikuler
  • Menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan sebagaimana dibuktikan oleh skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediksi terbaru (kurang dari dua tahun) baru-baru ini sebesar 500 atau iBT 48.
  • Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah menyelesaikan program.

Baca juga: Wahid Foundation Tawarkan Beasiswa bagi Mahasiswa UIN Jakarta Peneliti Gus Dur

Dari sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu untuk wawancara pribadi.

Prosedur yang harus dilakukan

  • Kandidat harus melengkapi aplikasi online, yang hanya dapat diakses mulai 4 Januari 2021, hingga batas waktu yang diperpanjang 15 Maret 2021.
  • Persyaratan Pengiriman (disediakan dalam bahasa Inggris)
  • Dua surat referensi, satu dari dosen dari bidang studi pelamar, yang lain dari dosen lain, atasan, pelatih, atau pengawas pekerjaan komunitas.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Indonesia (KTP)
  • Laporan kemajuan / transkrip universitas terbaru dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Transkrip dan materi lainnya harus disiapkan sebelum batas waktu karena Anda tidak akan dapat menambahkan informasi tambahan pada formulir aplikasi online setelah tanggal tersebut.
  • Setelah aplikasi online dikirimkan, kandidat harus memberi tahu staf di AMINEF melalui email dengan melampirkan skor Prediksi TOEFL ITP atau TOEFL yang dipindai ke info.scholarship@aminef.or.id, dengan subjek email, [Nama Lengkap Anda] - Lengkap Global Formulir UGRAD Online.

Baca juga: Beasiswa S2 Kominfo 2021 Dibuka, Ini Daftar Kampus dan Syarat

Informasi penting

Harap dicatat bahwa ada persyaratan khusus untuk program Indonesia, yang mungkin berbeda dari rincian di situs World Learning. Untuk pelamar dari Indonesia, harap mengacu pada persyaratan di atas saat melamar program ini dan tujukan semua pertanyaan Anda kepada staf AMINEF.

Batas waktu pengiriman online materi aplikasi untuk program ini diperpanjang hingga 15 Maret 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com