Kompas.com - 10/02/2021, 10:47 WIB
Layanan GeNose di stasiun tugu yogya DOK. Laman UGMLayanan GeNose di stasiun tugu yogya

KOMPAS.com- Empat stasiun di Indonesia mulai menerapkan penggunaan GeNose. Alat buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mulai digunakan sebagai salah satu alternatif pemeriksaan kesehatan yang menjadi syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh.

Penumpang yang bisa merasakan uji coba GeNose, merupakan penumpang dari Stasiun Tugu, Yogyakarta, dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Kemudian, Stasiun Gambir dan Solo Balapan.

“Beberapa penumpang sudah mencoba untuk menggunakan GeNose dan mudah-mudahan implementasinya bisa berjalan dengan baik," ucap Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Hargo Utomo, dilansir dari laman UGM beberapa waktu lalu.

Pada hari pertama di Stasiun Tugu Yogyakarta, terlihat sejumlah calon penumpang kereta api mulai menggunakan GeNose.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan dan Bantuan UKT

Di Stasiun Tugu Yogyakarta disiapkan 6 alat GeNose pada bilik terpisah yang bisa digunakan oleh calon penumpang.

Setelah mendaftar dan melakukan pembayaran pada loket, calon penumpang akan diberikan kantong udara yang digunakan untuk menampung napas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada setiap bilik terdapat petugas yang akan memberikan penjelasan serta instruksi yang harus diikuti oleh calon penumpang untuk menghembuskan napas ke dalam kantong.

Kantong tersebut kemudian diserahkan kepada petugas. Sementara calon penumpang dipersilakan untuk menunggu selama beberapa menit untu dipanggil kembali apabila hasilnya telah keluar. 

Baca juga: GeNose dan cePAD Bisa Jadi Andalan RI untuk Test Covid 19

Vio, salah seorang calon penumpang, memilih GeNose untuk pemeriksaan Covid-19 karena biayanya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan tes rapid antigen dan PCR.

“Saya biasanya menggunakan rapid, dan itu harganya lumayan untuk kalangan mahasiswa seperti saya, sedangkan GeNose dengan biaya Rp 20.000 terbilang sangat terjangkau. Kebetulan hari ini launching dan saya ingin mencobanya untuk pertama kali,” ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X